Berita DJKN

Jalin Sinergi Dengan BRI, KPKNL Bandar Lampung Adakan Pelatihan APT Sekanwil Lamkulu

Kamis, 07 Februari 2019 pukul 16:45:13   |   326 kali

Bandar Lampung - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung bekerjasama dengan Kantor Wilayah BRI Bandar Lampung mengadakan pelatihan petugas Area Pelayanan Terpadu (APT) di Ruang Serbaguna lantai 1 KPKNL Bandar Lampung pada Kamis (7/2).

Selain diikuti oleh para petugas APT KPKNL Bandar Lampung, pelatihan yang dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat ini juga diikuti oleh petugas APT Kanwil DJKN Lamkulu (Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Lampung dan Bengkulu-red) dan juga petugas APT KPKNL Metro.

Mewakili Kepala Kantor, Budi Purwanto selaku Kepala Subbagian Umum memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh KPKNL Bandar Lampung tersebut berkat sinergi yang terjalin baik antara KPKNL Bandar Lampung dengan Kanwil BRI Bandar Lampung.

“Kanwil BRI Bandar Lampung adalah salah satu institusi yang sudah memiliki unit khusus untuk pembinaan dan pelatihan para frontlineIr,” ungkap Budi. 

“Kami menyadari pentingnya pelayanan di APT KPKNL Bandar Lampung, karena itulah kami menjalin sinergi dengan Kanwil BRI Bandar Lampung,” kata Budi. “Kegiatan ini sebagai wujud dari kerjasama tersebut.”

Pelatihan yang dikemas dengan konsep in-house training ini dipandu oleh Kumala Dewi dan Yenny Ilvawati, frontliner Kanwil BRI Bandar Lampung. Dewi membawakan materi Service Excellent.

Dewi kemudian menjelaskan bahwa servis atau pelayanan adalah memenuhi kebutuhan  dan harapan stakeholder. Menurutnya, service excellent adalah memberikan yang terbaik dan jika memungkinkan melebih apa yang diharapkan stakeholder.

Setelah pemaparan materi, pelatihan dilanjutkan dengan praktek simulasi melayani tamu dan permainan teamwork tentang komunikasi. Permainan ini mengajarkan pentingnya gestur dalam melayani stakeholder.

Hadir pada kegiatan tersebut, Juni A Devi, Kepala Bagian Operasional Jaringan dan Layanan Kanwil BRI Bandar Lampung.

Juni memberi apresiasi atas lancarnya kegiatan KPKNL Bandar Lampung yang melibatkan Kanwil BRI Bandar Lampung. Kepada peserta, Juni menekankan arti penting bekerja dengan ikhlas.

"Pelayanan harus dengan ikhlas. Jika kita ikhlas, kerja apa saja jadinya enak dan hasilnya juga bagus," ungkapnya.

Pelatihan yang diikuti oleh 26 peserta dengan komposisi 14 pria dan 12 wanita ini ditutup oleh Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A Andiana.

Pada kesempatan tersebut, Didith menyampaikan bahwa APT adalah wajah kantor.

“Pelayanan merupakan tugas utama kita. Juga merupakan wajah kantor kita,” ungkapnya. “Pelayanan yang baik akan memberikan nama baik untuk kantor kita, begitu juga sebaliknya.”

Didith juga menyampaikan bahwa selama ini seringkali pelayanan dilakukan dengan terburu-buru dikarenakan terpikir  pekerjaan lain. “Ketika melayani kita harus fokus. Jangan ada beban,” ujarnya.

“Melayani haruslah dengan hati sebagaimana kita ingin seperti apa dilayani,” pungkasnya.

Mengakhiri kegiatan pelatihan, Didith menyampaikan terima kasih kepada Kanwil BRI Bandar Lampung atas sinerginya dalam penyelenggaraan pelatihan APT yang melibatkan kantor vertikal DJKN di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu tersebut.

(Teks: Hakim SBM, Foto: N Happy DP, Marinda IT, Intan AP, Ezzah NL)

Foto Terkait Berita