Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Direktur Lelang: PNBP Lelang Meningkat di Tiga Tahun Terakhir
Esti Retnowati
Rabu, 23 Januari 2019 pukul 13:48:52   |   759 kali

Jakarta – Tren Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pelaksanaan lelang eksekusi pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan (UUHT) khususnya terhadap permohonan lelang yang diajukan oleh perbankan meningkat pada tiga tahun terakhir. Secara nasional, PNBP Lelang pada tahun 2017 meningkat 9,94% dibandingkan dengan tahun 2016, begitu pula tahun 2018 meningkat sebanyak 45,86% dari tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan peningkatan frekuensi lelang laku di tahun yang sama, meskipun tren frekuensi lelang menunjukkan penurunan. “Bukan meningkatkan kegiatan lelang, melainkan tingkat efisiensi kita yang ditingkatkan, yakni frekuensi lakunya”, ujar Lukman Effendi Direktur Lelang DJKN pada rapat koordinasi dan evaluasi yang bertajuk Peningkatan Kinerja Lelang Eksekusi Pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan antara DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara), Perbankan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan pada Selasa (22/1) di Kantor Pusat DJKN.

Lukman juga mengatakan bahwa peningkatan kinerja lelang yang cukup signifikan ini tidak lepas dari semakin baiknya hubungan komunikasi antara perbankan dan DJKN. “Hal ini dapat memudahkan proses pekerjaan” tambahnya.

Menurut Lukman, pada tahun 2018 frekuensi lelang laku terbanyak dimiliki oleh PT Bank Central Asia, Tbk yakni 20,78% dari seluruh permohonan yang diajukannya. Selain itu, di tahun yang sama PT Bank Central Asia, Tbk juga termasuk tiga perusahaan perbankan dengan perolehan pokok lelang tertinggi, diikuti oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Lebih lanjut, Lukman mengingatkan seluruh pihak yang hadir agar tidak terjebak dengan pekerjaan yang biasa-biasa saja jika menginginkan hasil yang lebih optimal. “Kami dari segi pelayanan akan berbahagia bila pelayanan kami ini bisa kelihatan dan terasa, bukan hanya sekedar menjalankan tugas rutin sebagai pelayanan lelang semata,” ujarnya. Ia berharap pihak perbankan juga punya semangat yang sama dalam meningkatkan frekuensi lelang laku dengan harga optimal, yang juga minim gugatan atau pengaduan.

Pada kesempatan yang sama, Lukman juga membahas rencana kerja dan target direktorat lelang untuk tahun 2019 secara keseluruhan kepada semua kepala kantor dan kepala bidang lelang kantor wilayah DJKN. Selain rencana kerja, dibahas juga strategi dalam upaya meningkatkan kinerja lelang di tahun 2019, kilas balik perkembangan lelang nasional tahun 2018, dan gambaran penanganan perkara lelang tahun 2014-2017. (Tim Humas DJKN)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini