Berita DJKN

DJKN Serahkan Hasil Lelang Sukarela KPKNL Seluruh Indonesia untuk Korban Bencana Palu, Sigi, dan Donggala

Senin, 21 Januari 2019 pukul 09:31:55   |   513 kali

Palu – Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Lukman Efendi mewakili insan Lelang Indonesia  menyerahkan bantuan  sebesar    Rp617 juta kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola pada Selasa, (15/1) di ruang kerja gubernur, Palu. Bantuan ini merupakan hasil pelaksanaan lelang sukarela yang diselenggarakan oleh  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) seluruh Indonesia secara serentak untuk menggalang dana dengan tujuan amal yang didonasikan kepada korban bencana alam di Palu, Singgi dan Donggala,  dalam rangka memperingati Hari Kekayaan Negara ke-12 yang jatuh pada 1 November 2018. Kegiatan lelang amal tersebut dilaksanakan sekaligus  pengenalan kepada masyarakat  domain Portal Lelang Indonesia yang baru, lelang.go.id


Lukman Efendi yang didampingi Kepala KPKNL Palu Rachmat Kurniawan menyampaikan bahwa bantuan sebesar Rp617 juta merupakan sebagian besar dana yang dihasilkan dari pelaksanaan lelang sukarela yaitu sebesar Rp700 juta lebih sebagai bentuk  kepedulian dan empati  Insan Lelang Indonesia atas  bencana yang menimpa saudara-saudara di Palu, Sigi dan Donggala dengan harapan bantuan ini dapat memberikan manfaat.


Rincian bantuan sebesar Rp300 juta dalam bentuk tunai disalurkan melalui Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah untuk membantu rehabilitasi sarana pendidikan dan sebesar Rp317 juta dialokasikan untuk pembangunan  jaringan air bersih dan kebutuhan MCK di beberapa  lokasi pengungsian masyarakat terdampak bencana.


Ia juga menyampaikan rasa bangga bahwa sejumlah tujuh lukisan anak-anak korban bencana di Petobo telah laku terjual lelang KPKNL Palu sebesar Rp16 juta.

“Masih terdapat lima lukisan lagi yang akan kembali dilelang dan hasilnya diberikan untuk membantu pemulihan dampak bencana Sulawesi Tengah,” ujarnya.


Gubernur Sulawesi Tengah Longki  Djanggola mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan serta insan lelang Indonesia yang sudah memberikan perhatian dan empati kepada Masyarakat Sulawesi Tengah khususnya daerah terdampak bencana. Ia menambahkan bantuan tunai yang diserahkan melalui rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah akan dimanfaatkan dengan baik khususnya untuk bantuan sarana pendidikan serta akan disampaikan laporan pemanfaatannya. Pada kesempatan terakhir, dirinya menyerahkan bantuan secara simbolik  yang diterima dari Direktur Lelang mewakili Insan Lelang Indonesia kepada BPBD Sulawesi Tengah.


Sehari sebelumnya, Direktur Lelang  berkesempatan untuk melihat beberapa daerah terdampak bencana yang menerima bantuan penyediaan sarana air bersih yang berada di tiga desa di Kabupaten Sigi yaitu Desa Lolu, Desa Langaleso, Desa Ngatabaru.

Satukan Hati.. bangkit bersama …Palu kuat Palu bangkit!  (Widiana Samudra)

Foto Terkait Berita