Berita DJKN

Kilang LNG Tertua di Dunia Resmi Dikelola Pertamina

Jum'at, 28 Desember 2018 pukul 20:01:10   |   671 kali

Jakarta -  Pemerintah senantiasa berupaya untuk menjamin kesinambungan dan ketersediaan energi nasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dalam bentuk kerjasama pemanfaatan aset kilang Badak LNG antara pemerintah dan PT Pertamina (Persero). Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Rahayu Puspasari, Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan Tanudji Darmasakti, SVP Gas&LNG Management PT Pertamina (Persero) pada Jumat (28/12) di Hotel Borobudur Jakarta.

“Penandatanganan perjanjian ini merupakan upaya pemerintah untuk mencari solusi terbaik dalam mempertahankan operasi kilang Badak LNG,” ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Lebih lanjut Mardiasmo menjelaskan bahwa fasilitas kilang LNG Badak merupakan yang tertua di dunia. Kilang ini telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Menurutnya, keberadaan kilang senilai Rp16 triliun ini merupakan bukti bahwa Indonesia memiliki fasilitas kilang kelas dunia serta sumber daya manusia yang unggul.

“Aset 16 triliun itu diharapkan dapat terus digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh produsen gas di Kaltim sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi dan meningkatkan penerimaan negara,” ujarnya.

Terkait dengan penerimaan negara, Rahayu Puspasari melaporkan bahwa per Desember 2018, pengelolaan aset kilang Badak LNG di Bontang telah menghasilkan PNBP sebesar Rp876 miliar. “LMAN akan mendukung penuh dan terus bersinergi dengan perusahaan operator pengelolaan aset kilang LNG Badak untuk dapatberkontribusi melalui optimalisasi aset kilang,” pungkasnya. (Tim Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita