Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Kanwil DJKN Sumut Berikan Apresiasi BMN dan Lelang Award 2018

Senin, 03 Desember 2018 pukul 10:45:57   |   571 kali

MedanKantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Utara menyelenggarakan Apresiasi Kekayaan Negara tahun 2018  pada Jumat 30 November 2018. Acara yang diadakan di Gedung Kekayaan Negara Medan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, didampingi oleh Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara Dodi Iskandar, dan juga Direktur Barang Milik negara (BMN) Encep Sudarwan. Kegiatan ini diikuti oleh Satuan Kerja Koordinator Wilayah penerima apresiasi, dan pihak perbankan yang dinilai berkontribusi dalam pelaksanaan lelang di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Dirjen KN dalam sambutannya menegaskan bahwa perjalanan DJKN sejak 12 tahun yang lalu merupakan suatu episode yang cukup panjang, dimulai dengan melakukan inventarisasi dan penilaian terhadap seluruh BMN hingga dari kegiatan tersebut pertama kalinya Negara Republik Indonesia dapat mengetahui besarnya aset dan sebarannya di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Isa menegaskan bahwa Pemerintah membutuhkan waktu 10 tahun sejak dimulainya penertiban Barang Milik Negara sampai LKPP mendapat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) khususnya tentang aset. “Sekarang kita bisa berbangga hati dapat mengetahui aset milik negara kita dan pengelolaannya tertib secara administrasi, tertib secara hukum dan tertib secara fisik, ini adalah sebuah revolusi pengelolaan BMN,” ujarnya.

Secara khusus,  Isa mengajak semua unsur Pengelola dan Pengguna agar  fokus menjaga dan mengelola aset negara. Menurutnya, kekayaan negara tidak untuk ditelantarkan atau  disia-siakan, namun harus dijaga, dirawat, digunakan untuk penyelenggaraan fungsi pemerintahan secara optimal. Aset yang idle harus dikelola untuk menghasilkan revenue atau penerimaan untuk Negara. Isa juga menambahkan bahwa sekarang kita harus masuk ke dalam tahap selanjutnya setelah tahap inventarisasi, yaitu upaya efisiensi dan optimalisasi aset. Untuk mewujudkan hal tersebut, kita harus menghilangkan ego sektoral dan fokus pada tujuan untuk pengelolaan BMN yang dapat berkontribusi signifikan pada penerimaan negara.

Isa juga memaparkan bahwa DJKN memiliki tugas dalam pengelolaan piutang dan layanan lelang. “Kita berharap lelang menjadi salah satu mekanisme jual beli yang dipercaya oleh masyarakat yang efektif dan efisien,” ujar Isa. Oleh karena itu DJKN akan tetap melakukan transformasi atau perubahan agar bisa melayani masyarakat atau stakeholder secara lebih baik. Salah satu terobosan yang telah dilakukan adalah pelayanan lelang berupa e-auction sehingga pelaksanaan lelang tidak lagi terbatas dalam hal lokasi dan akses informasiNamun demikian  keberhasilan terobosan tersebut tidak hanya ditentukan oleh  komitmen dari DJKN, tetapi  membutuhkan partisipasi semua pihak.

Selesai menyampaikan sambutannya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, didampingi Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara dan Direktur BMN memberikan piagam penghargaan kepada para Satuan Kerja Koordinator Wilayah dan para Pimpinan Wilayah Perbankan yang berkinerja baik dalam pengelolaan BMN dan lelang. Refleksi dan Apresiasi  pengelolaan BMN  ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan motivasi dan dorongan ke satuan kerja untuk lebih baik dalam pengelolaan Barang Milik Negara. Sedangkan di bidang lelang, pemberian apresiasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka optimalisasi pelaksanaan lelang. 

Dalam kesempatan ini, Mahmudsyah juga menyampaikan sekilas mengenai kegiatan Pekan Kekayaan Negara yang dilaksanakan Kanwil DJKN Sumatera Utara dalam rangka memperingati Hari Jadi DJKN yang ke -12. Pekan Kekayaan Negara di Sumatera Utara dilakukan secara sederhana, efisien namun efektif. Kegiatan ini dikemas dalam berbagai acara antara lain: Focus Group Discussion, Uji Berani Punggawa atau Cerdas Cermat Aset Pengguna dan Pengelola, DJKN Goes to Campus, Lomba Pidato di bidang aset  yang pesertanya terdiri dari  putra-putri Pengguna dan Pengelola se tingkat SLTP, lelang amal di seluruh KPKNL  dimana barang – barang yang dilelang murni pemberian dari stakeholder dan sumbangan para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara dan KPKNL Medan. Hasil lelang amal  sebesar Rp.40.640.250,00 dan  seluruhnya akan disumbangkan untuk membantu korban Bencana Alam yang disalurkan melalui Kantor Pusat DJKN. (Seksi Informasi Kanwil DJKN Sumut)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |