Berita DJKN

Kemenkeu Tandatangani MoU Pertukaran Data Dengan Kemen BUMN

Kamis, 15 November 2018 pukul 17:13:55   |   327 kali

Jakarta - Kementerian Keuangan menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Pertukaran Data dan Informasi Badan Usaha Milik Negara dengan Kementerian BUMN di Dhanapala pada Kamis (15/11).

Penandatanganan dilakukan oleh Setjen Kementerian Keuangan Hadiyanto dan Deputi Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN Hambra, dengan disaksikan oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Dirjen Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata.

Terkait penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Dirjen KN mengungkapkan bahwa dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini maka akan lebih mudah untuk mengetahui performa BUMN sehingga DJKN akan memiliki kemampuan untuk mengelola lebih baik lagi investasi pemerintah pada kekayaan negara dipisahkan. "Ini memudahkan DJKN untuk mengetahui performa BUMN sehingga kemampuan mengelola (investasi pemerintah dalam kekayaan negara dipisahkan -red) lebih baik," ungkapnya.

Sedangkan menurut Hadiyanto, dalam era industri 4.0 ini data merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam pengambilan keputusan. "Dengan data yang bagus maka kita akan semakin baik dalam pengambilan keputusan," ujarnya.

Sementara itu, Hambra menjelaskan bahwa baik Kemenkeu maupun Kemen BUMN sama-sama membutuhkan data terkait kinerja BUMN. "Saya harap pertukaran data ini berdampak kepada akselerasi BUMN," ucapnya.

Dalam nota kesepahaman tersebut, data yang akan dipertukarkan antara lain data mengenai piutang, dividen, pengawasan, penerimaan negara bukan pajak, laporan keuangan, rencana kerja perusahaan dan realisasi capital expenditure perusahaan BUMN non Tbk. (Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita