Berita DJKN

DJKN Youth Conference 2018, Sumbangsih Milenial Menuju DJKN 2045

Senin, 12 November 2018 pukul 19:14:26   |   877 kali

Jakarta –  DJKN Youth Conference dengan tema “Towards DJKN 2045: Hand in Hand for a Distinguished Asset Management” digelar sebagai puncak kegiatan DJKN muda tahun 2018 pada Senin (12/11) di Aula Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Kegiatan yang diikuti oleh 80 pegawai DJKN dari seluruh Indonesia ini bertujuan untuk mengajak dan mendorong para peserta untuk berpikir kritis dan strategis, serta problem solving dalam pengembangan DJKN di masa depan.

Saat membuka kegiatan, Kepala Bagian Kepegawaian DJKN Dwi Wahyudi menyampaikan bahwa DJKN Muda harus memiliki pembeda yang bersifat positif. “Kalau mau menunjukkan diferensiasi, tonjolkan hal yang membedakan DJKN muda dari komunitas lain. Harus ada competitive advantage,” ujarnya.

Menurut Dwi, human capital adalah aset DJKN yang paling berharga. Oleh karena itu Dwi berharap agar para peserta tidak hanya membahas rencana program yang akan diusulkan, tapi juga memperhatikan pengembangan diri. “Jangan hanya bicara apa yang akan kita buat, tapi bentuklah diri anda, kembangkan diri, educate yourself sampai mampu membuat the greatest project. Jangan cuma bicara project tapi tidak menunjukkan bahwa kita mampu,” pesannya.

Lebih lanjut Dwi juga menegaskan bahwa seluruh pegawai Kementerian Keuangan diharapkan memiliki karakter sesuai dengan jenis kompetensi yang diatur pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 219/PMK.01/2017. Terdapat 23 kompetensi yang terbagi dalam empat cluster yaitu kemampuan berpikir, bekerja, berelasi, dan manajemen diri.

Dalam konferensi ini, para peserta dibagi menjadi empat komite (Komite A, B, C, dan D) yang masing-masing terdiri dari 20 orang. Setiap komite diberi tema khusus untuk didiskusikan dengan pejabat DJKN dan narasumber ahli dari luar DJKN. Melalui diskusi ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh inspirasi dari para narasumber, kemudian memberikan aspirasi untuk DJKN 2045.

Komite A membahas tema “Masa Depan Organisasi, SDM, dan Proses Bisnis DJKN” dengan narasumber tamu Ika Natassa, Banker pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Komite B membahas “Pengaruh Perubahan Iklim dalam Pengelolaan Kekayaan Negara” dengan narasumber Andhyta Firselly Utami, Climate Policy Analyst. Komite C membahas tema “Membangun Negeri Melalui Pengelolaan Investasi dan Infrastruktur” bersama narasumber Fithra Faisal, Chief Economist PT SMI. Sedangkan Komite D membahas tema “Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan” bersama narasumber Satrio Wicaksono, Manajer Restorasi Hutan dan Alam pada World Research Institute Indonesia.

Hasil diskusi panel seluruh komite akan disampaikan kepada pimpinan DJKN sebagai sumbangsih pemikiran para milenial, demi terwujudnya visi DJKN 2045. (Tim Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita