Berita DJKN

Pelantikan Pejabat Eselon IV DJKN, Dirjen KN: Penempatan Pegawai memperhatikan Homebase, Skill, dan PUG

Minggu, 07 Oktober 2018 pukul 21:46:58   |   1245 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menetapkan 287 pejabat eselon IV baru yang terdiri dari 42 orang pejabat kantor pusat, dan 245 pejabat kantor vertikal DJKN. Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata melantik 83 orang di antaranya pada Jumat, 5 Oktober 2018 di Kantor Pusat DJKN. “Di dalam setiap upaya untuk memperbaiki, menyegarkan, merevitalisasi organisasi, selalu ada proses pergeseran (pegawai) dari suatu tempat ke tempat yg lain seperti mutasi dan promosi.” Hal ini disampaikan Dirjen KN usai melantik para pejabat eselon IV.

Dirjen KN juga menyampaikan tiga hal yang menjadi pertimbangan utama dalam menetapkan formasi pegawai DJKN, yaitu homebase, skill dan pengalaman pegawai, serta faktor lain yang bersifat personal.

Terkait faktor homebase, Dirjen KN mengungkapkan bahwa meskipun kesempatan pegawai untuk dekat dengan homebase selalu diutamakan, namun tidak mungkin seluruh pegawai ditempatkan di homebase-nya masing-masing. Oleh karena itu, Bagian Kepegawaian DJKN merumuskan kebijakan home and away yang masih dalam proses penyempurnaan. “Tidak mungkin seseorang di suatu tempat terus menerus, karena bila itu terjadi, home and away tidak dapat diterapkan,” ujar Dirjen KN.

Selanjutnya, faktor skill dan pengalaman kerja pegawai juga akan mengerucut ke analisa tipe pegawai. “Termasuk yang menjadi pertimbangan kami adalah kecenderungan seseorang menjadi konseptor, operator, maupun pengawas. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba ketiga posisi ini,” tegas Dirjen KN.

Ketiga, Dirjen KN juga menyatakan sangat memperhatikan hal-hal yang lebih bersifat pribadi, misalnya keluarga, usia anak pegawai yang masih kecil, dan lain-lain. Menurutnya, hal ini akan sejalan dengan implementasi pengarusutamaan gender (PUG) di DJKN. “PUG di sini bukan hanya diperetimbangkan untuk ibu-ibu saja, tapi bapak-bapak juga,” ujarnya.

Menutup arahannya, Dirjen KN berpesan agar para pejabat yang dilantik selalu menjaga integritas dan menjaga amanah dalam bekerja. (Tim Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita