Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Belajar menjadi pelayan yang excellent
N/a
Senin, 18 Maret 2013 pukul 13:46:17   |   755 kali

Pekalongan – Dalam suasana yang akrab dan gembira, seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Pekalongan mengikuti kegiatan In House Training “Menjadi customer service yang excellence” yang berlangsung di Aula KPKNL Pekalongan pada 5 Maret 2013. Acara yang digagas oleh Kepala KPKNL Pekalongan, Risang Hanung Hascarya ini bertujuan agar KPKNL Pekalongan dapat menunjukkan jati sebagai kantor teladan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa/stakeholder dan sebagai tindak lanjut penunjukkan KPKNL Pekalongan sebagai kantor percontohan mewakili Kantor Wilayah IX Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil IX DJKN) Semarang.

Dalam sambutannya, Risang Hanung Hascarya menyampaikan bahwa seluruh pegawai hendaknya memiliki sikap untuk selalu berbenah diri secara terus-menerus dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholder. Kegiatan tersebut dipandang penting dilaksanakan karena sampai saat ini KPKNL Pekalongan belum pernah mendapatkan kegiatan workshop pelayanan kantor teladan, dengan adanya beberapa pejabat yang pernah mengikuti kegiatan serupa di kantor sebelumnya, maka Kepala Kantor meminta agar dilakukan sharing knowledge kepada rekan-rekan di KPKNL Pekalongan. 

Kasi Hukum dan Informasi, Eny Susanti yang sebelumnya pernah mendapatkan pelatihan ketika bertugas di KPKNL Surakarta menjadi pemateri pada kegiatan tersebut dengan dibantu Kasi Pelayanan Lelang Sri Widayati dan Kasi Pelayanan Penilaian Diah Sulastini R. yang juga pernah pernah mengikuti pelatihan serupa ketika bertugas di kantor sebelumnya. Dalam menyampaikan materi, Eny mengingatkan  bahwa hal yang sangat penting menjadi pemikiran kita adalah bagaimana cara memahami dan menciptakan kepuasan customer atau pengguna jasa. “Tidak akan ada pekerjaan dan perkembangan tanpa customer sehingga kita harus berusaha bagaimana  kita menjadi pilihan yang terbaik bagi customer yang datang ke kantor kita. Mereka tidak tergantung kepada kita tetapi kita butuh mereka.”

Eny juga menyampaikan, dalam menerima tamu, sebaiknya mengetahui tipe/karakter tamu-tamu tersebut untuk memberi pelayanan kepada mereka dengan baik. Kunci dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin adalah 3S yaitu, Senyum, Salam, Sapa dan STARS yaitu: S= Sapa customer dengan ramah, T= Tanyakan keperluannya, A= Atasi permasalahannya, R= Respect customer, S= Sampaikan terima kasih. Kegiatan menjadi sangat menarik karena Eny menyampaikan dengan gaya yang ringan disertai dengan simulasi para pegawai yang berperan menjadi stakeholder.Tak kalah menarik, dalam simulasi tersebut Kepala KPKNL sempat terundi berperan sebagai stakeholder yang datang untuk dilayani oleh petugas Area Pelayanan Terpadu (APT). Eny juga menyertakan permainan-permainan segar yang menggugah pegawai untuk terlibat  lebih aktif dan bersemangat dalam kegiatan ini.

Di penghujung acara, Kasubbag Umum Antonius Iwan Setyono menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas APT berdasarkan buku layanan KPKNL Teladan. Sebelum mengakhiri acara, Risang Hanung Hascarya menekankan kembali bahwa kunci dalam memberikan pelayanan prima adalah keikhlasan. Ia juga berharap melalui kegiatan in house training tersebut, pelayanan para pegawai kepada para stakeholder dapat menjadi lebih baik, sehingga apapun keperluan dan masalah para stakeholder bisa ditangani dengan baik dan kepuasan para stakeholder menjadi lebih optimal. Dengan demikian, stakeholder akan kembali datang untuk menggunakan jasa layanan lainnya. Bravo KPKNL Pekalongan!(@Eny Susanti/KPKNL Pekalongan))    

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini