Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sarana Responsif Gender pada KPKNL Pekanbaru
David Sihombing
Rabu, 19 September 2018 pukul 15:20:26   |   1230 kali

Pekanbaru, 19 September 2018 - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru mendukung implementasi Pengarustamaan Gender (PUG) yang turut sejalan dengan program Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) siap menjadi penggerak utama PUG di Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan telah selesainya pembangunan sarana dan prasarana yang responsif gender.

Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, menyampaikan bahwa pengarusutamaan gender bukan berarti bahwa hanya memperhatikan kenyamanan perempuan saja. Pengarusutamaan gender mencakup tentang kepekaan terhadap perbedaan bukan hanya jenis kelamin namun juga terhadap usia, sosial-ekonomi, suku bangsa dan perbedaan lainnya.

Sarana dan prasarana yang dibangun yaitu fasilitas parkir khusus, tangga landai (ramp), ruang bermain anak, nursery room, ruang transit pegawai, toilet khusus difabel atau lansia, dan free charging point. Diharapkan dengan hadirnya sarana responsif gender tersebut dapat memenuhi standar pelayanan prima yang diharapkan oleh stakeholders pada KPKNL Pekanbaru.

Penyediaan sarana tersebut terlihat menuai tanggapan positif dari berbagai pihak. Tanu Wijaya, staf pada Balai Lelang STAR menyampaikan bahwa hadirnya sarana free charging point sangat membantu sekali terhadap mobilitas yang dia jalani. Hal ini juga dirasakan oleh Ibu Ayu Nurlaila yang turut membawa anaknya pada saat pengambilan kuitansi dan kutipan risalah lelang. Sembari menunggu penerbitan dokumen dari KPKNL Pekanbaru, Ibu Ayu dapat mengajak anaknya bermain pada ruang bermain anak sehingga anak pun tidak rewel.

Selain sarana di atas, KPKNL Pekanbaru juga menyediakan pojok minuman. Pengguna jasa layanan juga disediakan bahan bacaan yang terdapat pada ruang tunggu APT. juga terdapat kursi roda untuk membantu pengguna jasa layanan KPKNL Pekanbaru yang memiliki kesulitan dalam berjalan maupun ibu hamil dan lansia.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini