Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Rapat Konsolidasi Revaluasi BMN pada Satker Kementerian Pertahanan
Dodiek Widhyatmiko
Senin, 17 September 2018 pukul 14:14:08   |   666 kali

                                                                                              

Kamis – Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur  menyelenggarakan Rapat Konsolidasi Revaluasi BMN pada satker Kemhan RI di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Timur  pada 13 September 2018 di di aula GKN Surabaya II lantai 4 Jalan Dinoyo No. 111 Surabaya.  Acara ini dilaksanakan sebagai persiapan akan dilaksanakannya audit BPK terhadap hasil pelaksanaan revaluasi Barang Milik Negara (BMN) satuan kerja (satker) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jawa Timur.

Acara dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Analis Madya Bid Nilai Barang Pus BMN Baranahan Kemhan, Kasubdit BMN III-A Bid BMN Pus BMN Baranahan Kemhan, Kepala Bidang Penilaian dan PKN (Pengelolaan Kekayaan Negara) pada Kanwil DJKN Jawa Timur, Kepala KPKNL Surabaya dan Sidoarjo, Kepala Seksi PKN dan Penilaian pada KPKNL Surabaya dan Sidoarjo di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur dan satker Kemhan RI yang meliputi TNI AD (Angkatan Darat), TNI AL (Angkatan Laut) dan TNI AU (Angkatan Udara) di Jawa Timur.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Etto Sunaryanto dalam sambutan pembukaan menyampaikan, materi pembahasan dalam rapat konsolidasi yaitu dalam rangka persiapan pemeriksaan oleh BPK terhadap hasil pelaksanaan revaluasi BMN pada satker Kemhan di Jawa Timur serta terkait dengan pelaksanaan pengelolaan BMN agar dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Poin penting dalam pemeriksaan BPK adalah Barang Tidak Ditemukan, Form Pendataan dan Fisik BMN, kiranya menjadi perhatian satker Kemhan di Jawa Timur untuk lebih fokus memperhatikan hal tersebut. “Dengan dilaksanakannya rapat konsolidasi diharapkan hasil audit BPK pada satker Kemhan di Jawa Timur mendapat respon yang baik dari BPK”, jelas Etto. 

Analis Madya Bid Nilai Barang Pus BMN Baranahan Kemhan Kol. (Inf) Kustiman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada TNI angkatan Darat, Laut dan Udara demikian juga mabes TNI dan Kemhan khususnya di wilayah Jawa Timur diketahui terdapat cukup banyak barang tidak ditemukan berupa patok batas. “Bila menjadi temuan BPK adalah menjadi tanggungjawab satker Kemhan sebagai pengelola BMN, kiranya dengan dilaksanakannya rapat konsolidasi terhadap permasalahan atas barang tidak ditemukan diharapkan dapat diselesaikan dengan tuntas”, tegas Kustiman.     

“Masih banyak ditemukan adanya kesalahan dalam pencatatan Penatausahaan dan Pengelolaan BMN pada satker Kemhan, sehingga hal tersebut tertuang dalam Berita Acara BMN tidak ditemukan”, demikian papar Sulistyono Fajar Nugroho Kepala Seksi PKN III dalam pemaparan materi Penatausahaan dan Pengelolaan BMN yang disampaikan dengan sangat gamblang dan jelas. Selama pemaparan materi berjalan, banyak diskusi-diskusi yang dilakukan. Peserta juga dengan sangat antusias mengikuti paparan materi. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada para pemateri bahkan para peserta acara juga tanpa sungkan-sungkan memberikan masukan kepada para pemateri. Acara pun ditutup secara khidmat dan diakhiri dengan pengambilan foto bersama.

(teks/foto: tim Bid KIHI).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini