Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Direktur LMAN Jelaskan Peranan LMAN Dalam Pembangunan Infrastruktur
Azif Qurba Rahman
Rabu, 01 Agustus 2018 pukul 13:23:57   |   1239 kali

Jakarta - Membangun infrastruktur merupakan tanggung jawab bersama yang harus dikerjakan pemerintah, swasta dan masyarakat. Orkestrasi dan sinergi yang baik sangat diperlukan oleh berbagai pihak dengan menanggalkan egosentris organisasi demi mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, demikian diungkapkan Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari saat menghadiri siaran langsung Insight Infrastructure di JakTV (30/7).

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur di Indonesia dan juga kebutuhan pendanaan dan pengadaan tanah itu dari waktu ke waktu akan selalu meningkat. “Koordinasi adalah kunci untuk mewujudkan janji Republik, dan Kementerian Keuangan berkomitmen terhadap hal tersebut,” ujarnya.  

Puspa menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi jembatan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Di Indonesia, pembangunan infrastruktur dapat dibiayai oleh APBN, maupun oleh perusahaan pembangunan infrastruktur swasta atau BUMN untuk infrastruktur yang sifatnya komersil, seperti transportasi publik maupun jalan tol.

“Pengadaan dan pendanaan lahan merupakan hal penting dalam proses perwujudan pembangunan infrastruktur,” tuturnya.

Selain itu, Puspa juga menjelaskan bahwa LMAN merupakan lembaga yang mendapat mandat baru melalui Peraturan Presiden No. 102 Tahun 2016 untuk melaksanakan pendanaan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dalam rangka pembangunan infrastruktur yang berupa proyek strategis nasional, baik dengan skema pendanaan langsung maupun melalui badan usaha.

“Proyek strategis nasional merupakan proyek yang dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau badan usaha yang memiliki sifat strategis untuk peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah,” jelasnya.

Talkshow yang mengangkat tema “Dari Mana Dana Infrastruktur Kita?” ini mengupas tentang pentingnya pembangunan infrastruktur serta bisnis proses yang ideal bagi pembiayaan dan pengelolaan pembangunan infrastruktur di sebuah negara, khususnya di Indonesia.

Dalam acara tersebut hadir juga narasumber dari akademisi Universitas Indonesia,  Mohammed Ali Berawi serta Direktur Utama PT Nusantara Infrastruktur, Muhammad Ramdani Basri. (LMAN/Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini