Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pelatihan Dasar Untuk Calon Pegawai DJKN yang Profesional dan Berkarakter
Azif Qurba Rahman
Senin, 23 Juli 2018 pukul 06:12:52   |   1012 kali

Yogyakarta - Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengikuti Diklat Pelatihan Dasar (Latsar) mulai Selasa (17/7) hingga Rabu (15/8) di Yogyakarta Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Balai Diklat Kepemimpinan Magelang.

Tujuan kegiatan Latsar ini diantaranya adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang. Untuk mewujudkan hal tersebut, selama periode Latsar, para peserta diwajibkan untuk menginap di tempat pelaksanaan.

Dalam Latsar ini CPNS DJKN mendapatkan materi tentang bela negara, etika publik, komitmen mutu, akuntabilitas, serta anti korupsi. Materi bela negara merupakan materi baru yang terdiri dari wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara, analisis isu kontemporer, dan kesiapsiagaan bela negara. Kemudian para calon pegawai ini akan dikenalkan dengan tindak pidana pencucian uang, dan bagaimana memerangi narkoba.

Pemateri dalam Latsar ini berasal dari Widyaiswara di lingkungan Kementerian Keuangan, Pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan, serta pelatih dari Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas) dan Badan Narkotika Nasional.

Menurut Dadang, salah satu pelatih dari Paskhas menjelaskan bahwa keterlibatan anggota pasukan khusus dalam Latsar bukan untuk menjadikan Latsar ini bersifat militer, namun lebih mengedepankan pada kedisiplinan para CPNS. Menurutnya, tidak sulit menanamkan kedisiplinan pada para peserta Latsar. “Mungkin peserta hanya kaget di minggu awal saja, setelah itu sudah terbiasa,” katanya.

Konsep ruang kelas yang berbentuk round table serta materi yang dikemas dalam games/diskusi kelompok membuat peserta Latsar menjadi lebih bersemangat. “Kayaknya sebulan bakal gak kerasa,” ujar salah satu peserta. (Ajip/Brilly Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini