Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Usai Hadiri Rakernas, Dirjen Kekayaan Negara Kunjungi KPKNL Metro
Hendrawan Yudie Susanto
Minggu, 22 Juli 2018 pukul 11:34:48   |   624 kali

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata bertolak menuju Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro pada Jumat siang (20/7). Kegiatan dalam rangka kunjungan kerja ini, Isa didampingi Sesditjen Kekayaan Negara Dodi Iskandar, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Dedi Syarif Usman, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan, dan Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S. Sukadana.

Selain itu, hadir pula sejumlah pejabat DJKN, diantaranya Kepala KPKNL Metro Swastiko Purnomo, Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A. Andiana, Kepala KPKNL Bengkulu Sri Yuwono Hari Sarjito, Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Jose Arif Lukito, Kepala Bagian Umum Wahyu Setiadi, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Thamrin, serta beberapa pejabat lainnya.

Kehadiran Dirjen Kekayaan Negara Isa Racmatarwata dan rombongan mendapatkan sambutan antusias dari para pegawai KPKNL Metro. Kepala KPKNL Metro Swastiko Purnomo mengungkapkan kegembiraannya dengan kehadiran Dirjen KN di Kantor yang dipimpinnya. “Kami di KPKNL Metro sangat gembira, ini merupakan kesempatan langka yang belum tentu bisa terulang. Untuk itu kami ucapkan selamat datang,” ujar Swastiko.

Seperti kebiasaan sebelumnya saat mengunjungi KPKNL lainnya, Isa meninjau setiap ruangan di KPKNL Metro, bahkan gudang dan toilet tak luput dari pantauannya. Kesempatan ini juga dimanfaatkan Isa untuk menyapa dan berbincang dengan para pegawai.

“Ini mungkin KPKNL ke sekian yang saya datangi. Saya bisa pastikan setiap KPKNL itu memiliki ciri khas dan kesan yang tersendiri yang berbeda pada saat mengunjunginya. Ada kenangan yang pasti membekas tidak terlupakan,” katanya.

“Saya membawa rombongan yang agak besar kali ini dan untuk pertama kalinya ada tiga eselon dua ditambah satu Kepala Kanwil. Saya ingin pimpinan pusat yang lain juga ikut ke daerah. Supaya bisa berkomunikasi, mengetahui problem dan kemungkinan adanya pemikiran yang cemerlang dari daerah dan sebagainya. Hal itu akan kita lakukan,“ tuturnya.

Ada beberapa hal yang disampaikan Isa saat memberikan arahannya di Gedung berlantai empat tersebut. Ia meminta jajaran KPKNL Metro untuk memperbaiki dan selalu berupaya meningkatkan kinerjanya, antara lain kepada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Seksi Pelayanan Lelang, dan Seksi Piutang Negara.

Kepada Seksi Kepatuhan Internal, Isa menekankan agar lebih berdaya dan menjadi alat utama DJKN untuk memperbaiki kinerja, memahami proses bisnis dan memiliki kemampuan untuk mengevaluasi. Selain itu, Isa juga meminta Seksi Kepatuhan Internal mampu menegakkan etika, menjaga integritas Aparatur Sipil Negara, serta melakukan pemantauan penggunaan media sosial teman-temannya, karena hal-hal tersebut akan berpengaruh terhadap reputasi organisasi dan sekecil-kecilnya akan berpengaruh terhadap reputasi diri sendiri.

Selanjutnya, terhadap kegiatan kehumasan yang dilakukan seksi Hukum dan Informasi, Isa menginginkan KPKNL aktif menampilkan aktivitasnya, memberikan informasi dan mempublikasikan berita secara positif. Namun dengan catatan tetap berhati-hati dan mampu membedakan aktivitas mana yang layak menjadi konsumsi publik dan yang tidak perlu untuk dipublikasikan.

Menutup arahannya, Isa mengharapkan Subbagian umum dan seksi lainnya yang belum disebutkannya, tetap memiliki peluang untuk menciptakan suatu aktivitas yang kreatif dan baru yang bisa membuat kinerja lebih baik.

Pada kesempatan selanjutnya, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan memberikan apresiasinya atas kegiatan revaluasi BMN yang telah dilakukan KPKNL Metro. Sementara itu, Sesditjen KN Dodi Iskandar mengingatkan kembali Program Nasional Kementerian Keuangan yang mewajibkan KPKNL untuk mendapatkan kategori Wilayah Bebas Dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Hal tersebut diungkapkan Dodi, sesuai permintaan Menteri Keuangan agar seluruh kantor pelayanan berkategori WBK/WBBM dan mampu mempertahankannya. “Untuk itu, semua KPKNL agar memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholders dan mampu meraih kategori tersebut,” pungkas Dodi.

Mengakhiri acara, Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S. Sukadana mengucapkan terima kasih dan meminta jajarannya agar seluruh arahan yang telah disampaikan dapat dipatuhi dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. (Tim Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini