Berita DJKN

Komitmen Kanwil DJKN Lampung Bengkulu Selesaikan Revaluasi BMN pada Juli 2018

Jum'at, 08 Juni 2018 pukul 14:42:20   |   160 kali

Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menyambut kedatangan Tim Kantor Pusat DJKN dalam rangka  kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) oleh Tim Kantor Pusat DJKN pada Rabu, 06 Juni 2018. Kegiatan ini direncanakan berlangsung sampai Jumat, 08 Juni 2018. Adapun agenda yang akan dilaksanakan meliputi monitoring dan evaluasi pelaksanaan penilaian kembali (Revaluasi) BMN, pelaksanaan program sertipikasi BMN berupa tanah, hasil utilisasi dan PNBP 2018 dan wasdal pengelolaan BMN 2017, serta pengelolaan BMN eks BMN Idle di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sub Direktorat BMN III, Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Penilai Pemerintah,Tommy Darmawan, pelaksana pada Subdit BMN III, Thot Pardamaian, dan pelaksana pada Subdit PPSA, M. Azis Suprayogi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ekka S. Sukadana. Ekka menyampaikan harapan agar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ini dapat memunculkan suatu terobosan terkait penyelesaian kendala pekerjaan yang dihadapi pada Tahun 2018. Terobosan tersebut misalnya, pembentukan payung hukum atas sanksi keterlambatan dalam proses Revaluasi BMN, atau menyertakan peran Itjen dalam pelaksanaan Revaluasi BMN.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Sub Direktorat BMN III, Bambang Sulistyono. Yang menyampaikan Hasil Pemeriksaan BPK atas kegiatan Revaluasi  BMN tahun 2017, Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan Inpektorat Jenderal Tahun 2018, serta upaya pengendalian mutu Penilaian Kembali BMN. Disampaikannya pula harapan Direktur Jenderal Kekayaan Negara agar kegiatan revaluasi BMN dapat diselesaikan sebelum penyusunan LKPP, yaitu pada Agustus 2018. Dari sisi pemeriksaaan laporan, Thot Pardamaian menambahkan bahwa hasil pemeriksaan laporan revaluasi  BMN menunjukkan hasil yang cukup baik, dalam artian tidak ditemukan ketidaksesuaian yang signifikan.

Berikutnya Tommy Darmawan menyampaikan lebih rinci Hasil Verifikasi Laporan Revaluasi  Di Lingkungan Kanwil DJKN Lampung Dan Bengkulu Tahun 2018. Berdasarkan hasil verifikasi sebanyak 407 laporan penilaian kembali BMN di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu sampai dengan bulan April 2018, kesesuaian penginputan Nomor Urut Pendaftaran (NUP) BMN dan lampiran foto pembanding telah mencapai 95 persen.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Kepala KPKNL Bengkulu, Sri Yuwono Hari Sarjito memberikan usulan agar sebaiknya terdapat tambahan menu pada aplikasi SIMAN agar penginputan tiket lebih fleksibel. Hal tersebut ditanggapi langsung oleh M. Azis Suprayogi. Menurutnya, hal tersebut dapat diupayakan oleh pihak Kantor Pusat, dan tentunya memerlukan koordinasi lebih lanjut antar Direktorat. Menjelang siang, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan singkat mengenai monitoring dan evaluasi pelaksanaan program sertipikasi BMN berupa tanah, hasil utilisasi dan PNBP 2018 dan wasdal pengelolaan BMN 2017, serta pengelolaan BMN eks BMN Idle di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu.

Secara keseluruhan dan  berdasarkan upaya serta koordinasi yang telah dilanjutkan, Kepala KPKNL Bengkulu, Kepala KPKNL Bandar Lampung optimis dan berkomitmen bahwa kegiatan Revaluasi BMN Tahun 2018 pada masing-masing kantor dapat diselesaikan bulan Juli 2018, sedangkan Kepala KPKNL Metro, Swastiko Purnomo juga berkomitmen bahwa Revaluasi BMN Tahun 2018 pada KPKNL Metro selesai pada Juni 2018. (bid. KIHI)

Foto Terkait Berita