Berita DJKN

Menkeu Serahkan Hasil Lelang Sukarela untuk Pembangunan Sekolah

Kamis, 03 Mei 2018 pukul 14:38:00   |   535 kali

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan Rp236,4 juta kepada Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat (YAPPIKA-ActionAid) pada Rabu (2/5) di Aula Gedung Yusuf Anwar Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.


Penyerahan ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan lelang dan penjualan sukarela koleksi pribadi Wakil Presiden, Ibu Negara Iriana Jokowi, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, beberapa menteri kabinet kerja, dan pejabat lain dalam rangka peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia. Dana yang diserahkan ke YAPPIKA-ActionAid tersebut akan digunakan untuk mendukung salah satu kegiatannya berupa pembangunan dua ruang belajar SDN Cipinang 3 Bogor kelas jauh.


Sri Mulyani memberikan apresiasi atas pelaksanaan lelang dan penjualan sukarela yang digelar pada Rabu (28/2) lalu. “Saya senang bahwa aktivitas 110 Tahun Lelang Indonesia dapat digunakan hasilnya untuk membantu sedikit pembangunan sekolah”, ujanya. YAPPIKA-ActionAid sendiri dipilih sebagai penerima dana karena dinilai akuntabel dan transparan serta mempunyai visi dan misi sejalan dengan Nawa Cita Pemerintah, yaitu mendukung program sekolah aman. Penunjukan ini juga telah disetujui oleh seluruh pemilik barang yang menyumbangkan barangnya untuk dijual pada lelang dan penjualan sukarela.


Menurutnya, lelang sukarela tersebut merupakan upaya membangun sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia yang unggul, berdaya saing, dan sejajar dengan negara maju.

Menutup sambutannya, Sri Mulyani berharap kegiatan lelang menjadi makin dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu mekanisme jual beli, baik yg sifatnya komersial maupun sosial.


Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata menyampaikan jumlah hasil lelang tersebut diperoleh melalui tiga kegiatan, yaitu lelang berbasis internet (e-auction), lelang elekronik konvensional dan lelang penjualan langsung.

Ia menuturkan bahwa tujuan acara ini tercapai ditandai dengan banyaknya peserta lelang baik sebagai pembeli maupun penjual. “Tingginya frekuensi pemberitaan media, meningkatnya instansi/lembaga maupun perorangan menggunakan jasa lelang merupakan salah satu faktor keberhasilan acara ini,” ungkapnya.

Duta YAPPIKA-ActionAid Reza Rahardian mengapresiasi dan mendukung pemanfaatan hasil lelang sukarela untuk pembangunan Gedung SDN 03 Cipinang Kabupaten Bogor. “Dana akan digunakan untuk membangun dua ruang kelas tambahan sekaligus ruang guru,”  kata aktor film tersebut. (Humas DJKN/mel/jo/dit/nez/007)

Foto Terkait Berita