Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Akrabkan Diri dengan Pegawai Baru, Dirjen Kekayaan Negara Berikan Motivasi
Bend Abidin Santosa
Kamis, 19 April 2018 pukul 12:43:45   |   1234 kali

Jakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata mendekatkan diri dengan pegawai baru Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam acara OJT Development Program pada Rabu, (18/4) di Kantor Pusat DJKN, Jakarta. Pada acara yang bertema “Back to 70’s” tersebut, Isa Rachmatarwata memberikan beberapa pesan bagi pegawai baru yang sedang menjalani serangkaian program on the job training (OJT).


Jika dalam pertemuan sebelumnya Isa Rachmatarwata menekankan mengenai pentingnya adaptasi, kali ini ia justru mengapresiasi kemampuan beradaptasi pegawai baru yang telah terlihat dekat dan kompak satu sama lain. Menurutnya, hal tersebut dapat menjadi modal untuk penugasan di kantor-kantor daerah nantinya.


Dalam kesempatan tersebut, Isa Rachmatarwata juga memberi motivasi pada pegawai baru agar berani menyatakan pandangan dan mengemukakan pendapat. Dalam bersosialisasi di lingkungan, pegawai baru harus cepat menangkap situasi dan menentukan pandangan. “Jangan sampai lingkungan membuat tafsir dari kalian yang tidak menyatakan pandangannya. Penafsiran lingkungan bisa jadi tidak sesuai dengan kenyataannya,ujarnya.


Walaupun begitu, kebenaran tidak ada yang 100%, ia juga meminta pegawai baru untuk berlatih menghargai perbedaan dan menyatakan pendapatnya secara konstruktif dan moderat.

Isa berpesan agar pegawai baru dapat mempengaruhi lingkungan tempatnya bekerja. “Menurut kalian, apakah kalian sudah berhasil mempengaruhi lingkungan?” tanyanya. Dirinya menambahkan, sudah saatnya pegawai baru melihat keluar dan mencari tahu apa yang bisa disumbangkan bagi lingkungan, kantor dan negara agar menjadi lebih baik. Ia kemudian menantang pegawai baru baik di kantor pusat maupun vertikal untuk membuat video berdurasi kurang dari dua menit tentang bagaimana Pegawai OJT telah mempengaruhi lingkungan tempatnya ditempatkan.


Selain diisi dengan motivasi dan dialog bersama Dirjen Kekayaan Negara, acara OJT Development Program ini juga dimeriahkan oleh tari-tarian ala 70’s, penampilan band dan pemutaran film-film pendek karya pegawai baru. Acara ini diharapkan dapat menggali potensi yang dimiliki pegawai baru, sekaligus membangun komunikasi yang baik antara Dirjen Kekayaan Negara dengan pegawai baru. (Humas DJKN/nadia/arum)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini