Berita DJKN

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Meresmikan Gedung KPKNL Tarakan

Rabu, 04 April 2018 pukul 21:37:05   |   721 kali

Tarakan - “Seperti masjid, walaupun dibangun dengan megah tetapi jika tidak ada kegiatan di dalamnya maka hal itu akan sia-sia. Sama halnya dengan gedung baru KPKNL ini,” tutur Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dalam sambutan acara peresmian Gedung Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan pada Rabu (4/4). Isa berharap dengan adanya gedung baru KPKNL Tarakan akan memberikan yang terbaik bagi jajaran KPKNL Tarakan untuk terus mengembangkan diri, lebih teliti, cermat, dan konsisten agar menghasilkan kinerja yang luar biasa. Lebih lanjut, Isa juga menyampaikan arti pentingnya pemanfaatan aset negara yang selama ini tidak kita sadari, yaitu pemberdayaan aset negara yang lokasinya jauh dari keramaian. Pemberdayaannya dapat dilakukan melalui kerja sama pemanfaatan dengan masyarakat untuk digunakan sebagai lahan pertanian.

Acara peresmian gedung KPKNL Tarakan yang dilakukan di Area Pelayanan Terpadu (APT) tersebut sebelumnya diawali dengan sambutan Kepala KPKNL Tarakan Thamrin yang memaparkan proses pembangunan Gedung KPKNL Tarakan. Thamrin mengulas kembali proses pembangunan gedung dari proses perencanaan hingga dapat dihuninya gedung KPKNL Tarakan. Setelah laporan Kepala KPKNL Tarakan, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara menyampaikan sambutan dengan penjelasan mengenai capaian kinerja pada unit vertikal Kanwil DJKN Kaltimtara.

Dalam acara peresmian tersebut, hadir Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Dodi Iskandar, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara) Surya Hadi,  seluruh  Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Kaltimtara, dan jajaran KPKNL Tarakan.

Sebagai tanda resmi dihuninya gedung KPKNL Tarakan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara menandatangani prasasti dengan tinta warna emas. Selain penandatanganan prasasti, sebagai wujud syukur dan melestarikan tradisi masyarakat Indonesia, tak ketinggalan acara pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng dilakukan Kepala KPKNL Tarakan, yang didapuk menjadi penerima puncak tumpeng adalah Sekretaris DJKN. Hal ini merupakan permintaan khusus Direktur Jenderal  Kekayaan Negara yang menganggap kesuksesan berdirinya gedung KPKNL Tarakan ini merupakan kerja Sekretaris DJKN dan KPKNL Tarakan.

Gedung KPKNL Tarakan yang mempunyai luas bangunan 1.254 m2 dan tanah 3.300 m2 ini sebelumnya adalah milik eks PT Pertamina yang diperoleh berdasarkan penetapan status penggunaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia. Gedung ini beralamat di Jalan Halmahera, Pamusian, Tarakan Tengah, mulai direnovasi pada 22 Mei 2017. Proses pembangunan selama 8 bulan dan akhirnya dapat ditempati pada 29 Januari 2018.

Pada kesempatan sebelumnya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang didampingi jajaran pimpinan Kanwil DJKN Kaltimtara terlebih dahulu meninjau seluruh ruangan KPKNL Tarakan. Isa mengelilingi area gedung hingga aula serba guna kantor, mulai dari ruang kerja pejabat/pegawai KPKNL Tarakan, ruang perpustakaan, e-Auction Corner, ruang laktasi, toilet, dan diakhiri dengan ruang kepala kantor. Saat meninjau aula serba guna kantor yang mempunyai luas 570,15 m2 ini, Direktur Jenderal Kekayaan Negara mendukung optimalisasi penggunaan aula serba guna untuk menghasilkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui sewa bagi pihak luar untuk acara pernikahan atau rapat.

Selain itu, untuk menyikapi area Gedung KPKNL Tarakan yang saat ini masih terasa gersang karena kekurangan tanaman dan untuk mendukung gerakan penghijauan, KPKNL Tarakan ikut berpartisipasi dalam program Go Green. Penyerahan pohon secara simbolis tersebut nantinya ditanam dan akan diabadikan dengan menamai pohon-pohon tersebut dengan nama Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Sekretaris DJKN, dan Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara. (Tim Humas KPKNL Tarakan)

Foto Terkait Berita