Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pastikan Jajaran DJKN Pahami PUG, Tim Pusat Lakukan Sosialisasi
Paundra Adi Ristiawan
Senin, 26 Maret 2018 pukul 11:41:57   |   1000 kali

Jakarta – Tim Pengarusutamaan Gender (PUG) Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)  kembali mengadakan Sosialisasi PUG, Jumat (23/3) di Aula Kantor Pusat DJKN. Sosialisasi diadakan untuk memastikan seluruh jajaran di lingkungan DJKN memahami konsep, prinsip dan strategi PUG dalam penyelenggaraan pembangunan.

Penyelenggaraan sosialisasi ini merupakan implementasi pengarusutamaan gender di Kantor Pusat DJKN untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan kebutuhan dan permasalahan pegawai perempuan dan laki-laki dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai DJKN. Demikian dijelaskan panitia penyelenggara sosialisasi PUG.

Kepala Bagian Perlengkapan Sekretariat DJKN, Ridho Wahyono, selaku anggota Tim Koordinasi Peaksanaan Kegaitan Implementasi PUG DJKN Tahun 2018 dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengarusutamaan gender adalah suatu keniscayaan yang harus dilaksanakan di semua lini.

Isu PUG itu sendiri sebenarnya sudah dari sejak awal abad 20 dan sejalan dengan Program Nawacita. Menurut Ridho, PUG pada intinya adalah pemberlakuan adil dan setara terhadap semua pegawai, yang dalam hal ini pegawai di Kementerian Keuangan. “Pada prinsipnya salah satu cara dan media untuk mensosialisasikan PUG supaya lebih efektif dan mengena adalah dengan lomba, tapi salah satu yang lebih penting lagi adalah acara-acara sosialisasi yang seperti ini,” ujar Ridho di hadapan para pegawai Kantor Pusat DJKN yang memenuhi aula DJKN. Ridho juga mengharapkan ke depannya para peserta yang hadir ini dapat berpartisipasi secara aktif dalam implementasi pengarusutanaan gender.

Dalam kesempatan ini sosialisasi terkait PUG disampaikan oleh Anggi Gumilang selaku perwakilan dari Biro Perencanaan dan Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Anggi menjelaskan mengenai tujuh prasyarat PUG. Pertama adalah komitmen yang tinggi oleh para pimpinan dan seluruh pegawai, kedua adanya tim khusus yang bertanggung jawab, ketiga SDM karena sangat diperlukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) terkait pemerataan pemahaman terkait PUG ini, keempat Anggaran karena rencana tidak akan bisa berjalan tanpa adanya anggaran, selanjutnya Gender Analisis, keenam adanya data terpilah karena dengan data terpilah dapat mempermudah untuk menyusun kebijakan-kebijakan yang resposif gender dan terakhir adalah tidak terlepasnya dari peran masyarakat.  

Sosialisasi terkait Strategi Memahami Penyalahgunaan Layanan Bank Secara Sistem kembali disampaikan oleh Nurhadi selaku Tim Information and Technology (IT) PT BNI, Tbk.  Dalam acara sosialisasi kali ini, dilakukan ice breaking melalui permainan Kahoot yang turut menyemarakkan acara sosialisasi sekaligus menguji sejauh mana pemahaman para peserta seputar pengarusutamaan gender melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. (Tim PUG DJKN/IT/EM)  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini