Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Muda Berkolaborasi dengan Limitless Campus Tanamkan Jiwa Leadership
Hendrawan Yudie Susanto
Jum'at, 09 Maret 2018 pukul 10:21:25   |   895 kali

Jakarta – DJKN Muda yang merupakan salah satu wadah bagi pegawai DJKN untuk menanamkan jiwa leadershipnya, berkolaborasi dengan Limitless Campus mengadakan kegiatan yang bertema DJKN Muda “Leadership Lab: A Journey to be Limitless You” pada Kamis, (8/3) pukul 07.00 – 18.00 WIB di aula lantai 5 Kantor Pusat DJKN.


Kegiatan pada hari ini merupakan rangkaian acara dari DJKN Muda yang diadakan selama dua hari hingga Jumat, (9/3) ini diikuti oleh 45 delegasi DJKN Muda dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta dibekali dengan kompetensi empathy, problem solving, make it happen, dan presenting serta untuk menciptakan generasi DJKN yang menjunjung nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan.


Acara dibuka oleh Tenaga Pengkaji Rekstrukturisasi Privatisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan Arik Haryono. “Anak muda harus semangat, jangan takut ikut kompetisi karena hidup kita ini sebenarnya adalah sebuah kompetisi,” ujar Arik kepada para peserta. Ia menambahkan sebagai DJKN Muda haruslah berbangga karena untuk menjadi bagian dari DJKN Muda tentunya harus melalui seleksi dari ribuan pendaftar dan hanya menyisakan puluhan kandidat saja.


Acara dilanjutkan dengan workshop class denga tema “body over mind” yang dipandu oleh Monster Creator Didi Mudita. Peserta DJKN Muda diajak melakukan gerakan tangan dan kaki yang akan menyeimbangkan otak kanan dan kiri, ada juga gerakan seluruh tubuh yang membuat peserta semakin bersemangat.  Antusiasme peserta pun meningkat dengan adanya sesi ini. Founder of limitless campus Rene Suhardono melanjutkan workshop dengan tema “Skills to define Your Objective in Life”. Ia menjelaskan mengenai tujuan bekerja yang di antaranya untuk mengejar kebahagiaan, kepuasan, kepopuleran, prestige, money, excellence, impact, dan truth/justice. “Jika kamu masuk Kementerian Keuangan hanya untuk cari uang, bukan disini tempatmu,” ujar Rene.


Di tempat yang sama, Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Jenderal Kusumawardani memaparkan mengenai pengarusutamaan gender. “Stereotyping terhadap laki-laki dan perempuan harus dihindari dalam melaksanakan tugas sehari-hari di kantor karena dapat mengakibatkan diskriminasi,” ujar Kusumawardani kepada peserta. Ia menambahkan salah satu program yang mendukung pengarusutamaan gender adalah adanya ­e-auction. Dengan adanya e-auction, ibu rumah tangga pun bisa melakukan penawaran lelang, hal ini berbeda dengan waktu terdahulu yang mengharuskan peserta lelang hadir di satu tempat dan kebanyakan didominasi oleh laki-laki. Sebagai penutup, Kusumawardani menjelaskan bahwa timnya sedang membuat link portal yang memuat informasi tentang pengarusutamaan gender.


Antuasiasme para DJKN Muda dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para masing-masing narasumber. Salah satu peserta Siska menanyakan mengenai cuti bagi ibu yang melahirkan maupun ayah yang menemaninya. “Apakah akan ada peraturan mengenai cuti enam bulan untuk Ibu melahirkan dan enam bulan untuk Ayah yang menemaninya?” tanya Siska. Menjawab pertenyaan tersebut, Kusumawardani mengatakan bahwa akan ada peraturan seperti itu karena peraturan tersebut sudah diterapkan di Belanda. “Dengan peraturan tersebut, kesejahteraan dan kinerja pegawai diharapkan akan semakin baik,” jawabnya.


Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi yang membahas tentang program DJKN Muda. Diskusi berlangsung dengan santai namun serius.  Akhir dari kegiatan pada hari ini ditutup dengan Photo Session Delegasi, Koordinator Pusat, dan Project Officer untuk campaign DJKN Muda.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan DJKN Muda yang mempunyai jargon Kolaborasi, Kontribusi dan Inovasi masih berlangsung. Rangkaian acara Jumat, (9/3) ini workshop class bertema design thinking yang akan dibagi menjadi dua sesi bersama Ramya Prajna dan Fajar Anugrah dari Limitless Campus yang akan menyampaikan tentang Planning. Dengan adanya kegiatan ini jiwa leadership diharapkan ada di setiap insan manusia dan perlu ditanamkan sejak dini. (Humas DJKN/ar/dw/dt)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini