Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Apresiasi Stakeholders, KPKNL Biak Berikan Penghargaan Kepada Mitra Kerja Terbaik
Bend Abidin Santosa
Jum'at, 02 Maret 2018 pukul 08:44:29   |   1047 kali

Biak – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Biak memberikan penghargaan kepada stakeholder sebagai mitra kerja yang telah mampu bekerja sama dengan baik dengan KPKNL selama tahun 2017 dalam acara “Sosialisasi dan Apresiasi Pengelolaan Kekayaan Nega dan lelang Wilayah kerja KPKNL Biak” pada Rabu, (28/2) di aula Gedung Keuangan Negara Biak.


Pemberian penghargaan ini diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku (Papabaruku) A. Yanis Dhaniarto didampingi oleh Kepala KPKNL Biak Adi Suharna.

kepada para mitra kerja terbaik dalam hal pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang.

Hadir dalam acara ini, Bupati Kepulauan Yapen, Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Biak,Komandan Pangkalan Udara Manuhua Biak, perwakilan Kejaksaan Negeri Nabire, Polres Biak, Kantor SAR Biak, Kantor Imigrasi Biak, Stasiun Meteorologi Kelas I Frans Kasisiepo Biak, Kantor Pelayanan Perbendahaaran Negara Biak, Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Biak serta perbankan dan satuan kerja lainnya di wilayah kerja KPKNL Biak.


Dalam sambutannya, Kakanwil DJKN Papabaruku A. Yanis Dhaniarto menyampaikan saat ini usia KPKNL Biak telah mencapai 11 tahun dengan wilayah kerja yang luas terdiri dari sembilan kabupaten. “KPKNL Biak merupakan instanti vertikal DJKN yang mempunyai tusi berbagai pelayanan yakni pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, pelayanan lelang, dan pelayanan penilaian,” ujarnya.


Selain itu, Yanis juga mengatakan saat ini total Barang Milik Negara (BMN) di Indonesia sudah mencapai Rp2.000 triliun lebih dan asst tersebut hanya aset pemerintah pusat saja. “Apa gunanya jika Indonesia memiliki aset yang besar? Kalau kita kaya pasti akan lebih dipercaya oleh dunia internasional. Kita juga tidak bergantung kepada lembaga internasional jika membutuhkan dana karena Indonesia dapat menerbitkan sukuk,” urainya bersemangat.


Oleh karena itu, lanjutnya, DJKN saat ini melakukan revaluasi/penilaian kembali BMN agar nilai yang dihasilkan di neraca pemerintah adalah nilai yang terbaru. Terkait lelang, ia juga menyampaikan hari ini merupakan puncak peringatan 110 tahun lelang di Indonesia. Mekanisme lelang ini digunakan dalam berbagai peraturan pemerintah karena mekanisme ini yang dianggap adil dan transparan.


Pria yang menduduki jabatan Kakanwil DJKN Papabaruku sejak tahun 2017 ini juga menyatakan siap jika ada pemerintah daerah yang meminta pertolongan terkait penilaian aset daerah.”Kita siap membantu melakukan penilaian jika ada pemda yang ingin asetnya dinilai seperti bangunan gedung, tanah, jembatan dan aset lainnya,” pungkasnya.


Sebelumnya, Kepala KPKNL Biak Adi Suharna menyampaikan acara sosialisasi dan apresiasi pengelolaan kekayaan negara dan lelang ini akan menjadi nilai lebih bagi masing-masing instansi yang merupakan mitra KPKNL Biak. “Usia KPKNL Biak saat ini sudah mencapai 11 tahun. Bagi kami memberikan pelayanan yang yang baik dan memuaskan mitra merupakan kewajiban dan kebanggaan kami,” ujarnya.


Adi juga menegaskan selain memberikan apresiasi kepada mitra kerja, KPKNL Biak juga melaksanakan lelang baik konvensional maupun lelang internet (e-auction) untuk memperingati 110 tahun lelang di Indonesia, Fokus Group Discussion (FGD) khusus lelang hak tanggungan bagi perbankan serta penandatanganan Memourandum of Understanding (MoU) antara KPKNL biak dengan PT Bank Rakyat Indonesia (persero).


Dalam sosialisasi yang diadakan untuk memperkenalkan lelang sebagai sarana jual beli terpercaya serta memperingati 110 tahun penyelenggaraan lelang di Indonesia ini, Kepala Seksi Lelang KPKNL Biak Ahmad Affan Hakim memberikan pencerahan segala sesuatu tentang lelang baik konvensional maupun e-auction. Usai paparan, ia memandu jalannya lelang sukarela beberapa barang seperti tas punggung, jam tangan, smartphone dan lain-lain. Hasil dari lelang sukarela ini akan diberikan oleh KPKNL Biak untuk kegiatan amal melalui lembaga sosial.
hal yang menarik dari lelang ini adalah pemenang lelang sebuah smartphone dimenangkan oleh Bupati Kepulauan Yapen sebesar Rp5 juta dan dirinya meminta agar barang tersebut dilelang lagi untuk amal.


Di akhir sosialisasi, para kepala seksi secara bergantian mengumumkan penerima penghargaan dengan berbagai kategori dan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kakanwil DJKN Papabaruku yang didampingi oleh Kepala KPKNL Biak.

Adapun penerima penghargaan diberikan kepada satuan kerja dengan berbagai kategori yaitu,  

a.   Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Biak sebagai Penatausahaan BMN Terbaik 2017

b.   Pangkalan Udara Manuhua Biak sebagai Pengelolaan BMN Terbaik 2017

c.   Mardin dari Stasiun karantina Pertanian Kelas I Biak sebagai Operator Penatausahaan BMN Terbaik 2017

d.   PT Bank Mandiri (persero) Tbk SME & Micro Collection & Recovery sebagai Pemohon Lelang Terbaik 2017

e.   Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Nabire sebagai Pengurusan Piutang Negara Terbaik 2017

f.    Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Biak sebagai Mitra Revaluasi BMN terbaik 2017

g.   Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Biak sebagai Mitra Penyaji Data Kekayaan Negara terbaik 2017

h.   Kantor Pegadaian Cabang Biak sebagai Mitra Penyaji Data Pemanfaatan Lelang Terbaik 2017

i.    Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai Mitra Terbaik dalam Penilaian dan Pelelangan BMD.

Dengan pemberian penghargaan ini, diharapkan para pengguna jasa KPKNL Biak dapat lebih termotivasi dalam bekerja sama dan memberikan saran, masukan maupun kritik kepada KPKNL Biak agar selalu memberikan pelayanan yang cepat, amanah dan terpercaya. (Humas DJKN/007/pon) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini