Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tower Pembangkit Listrik Bayu Laku Dilelang
Dwinanto
Selasa, 13 Februari 2018 pukul 17:02:55   |   686 kali

Pangkalpinang - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang melaksanakan lelang aset ketenagalistrikan yang mangkrak sejak 2006 silam di e-Auction Corner Lantai 2 Kota Pangkalpinang (07/02). Pelaksanaan Lelang Noneksekusi Barang Milik Negara kali ini tidak seperti biasanya, karena barang yang ditawarkan memiliki spesifikasi khusus dalam bidang ketenagalistrikan. Pemohon lelang, Sekretariat Ditjen Ketenagalistrikan diwakili Irvendiaz selaku Pejabat Penjual dan Ketua Tim Penjualan berkesempatan merasakan langsung proses lelang tanpa kehadiran peserta lelang dengan cara penawaran tertutup (closed bidding) ini.

Irvendiaz, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada KPKNL Pangkalpinang, walaupun pengiriman berkas lelang tidak dilakukan secara bertatap muka langsung, KPKNL Pangkalpinang tetap melayani dengan baik, sehingga dapat dijadwalkan lelang di awal bulan Januari 2018. Komunikasi jarak jauh tidak menghambat pelaksanaan lelang kali ini, apalagi Irvendiaz baru kali ini hadir mengikuti e-Auction secara langsung.

Pelaksanaan lelang ini dipimpin Pejabat Lelang KPKNL Pangkalpinang, Dwinanto. Lelang dibuka pada jam sesuai penetapan lelang dan pembacaan aset yang akan dijual lelang. Aset yang ditawarkan kali ini adalah satu paket bangunan dan material persediaan Konstruksi Dalam Pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, yakni berupa bangunan rumah pembangkit, tower lattice, inverter, industrial battery, panel metering distribusi tahun perolehan 2006 yang akan dibongkar dalam kondisi Rusak Berat. Objek terletak di Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. Pelaksanaan lelang ini ditutup setelah Pejabat Lelang menunjuk penawaran tertinggi dari peserta yang berasal dari Tangerang.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Dede Herdian menyampaikan bahwa meskipun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari pemindahtanganan khususnya penghapusan BMN nilainya sedikit, namun tidak mengurangi semangat KPKNL Pangkalpinang untuk melaksanakan lelang.

Di akhir penutupan lelang, Dede menyampaikan harapannya agar antara KPKNL Pangkalpinang dan Ditjen Ketenagalistrikan dapat menjalin kerja sama yang baik dalam kesempatan lain sehingga pelaksanaan lelang mendatang dapat laku terjual dengan harga yang lebih optimal. 

Sebagai informasi, BMN berupa Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) milik satuan kerja listrik pedesaan tersebut  tadinya salah satu harapan energi listrik di Pulau yang disebut-sebut potensi Raja Ampatnya Bangka Belitung. Saat ini, Pulau Pongok telah mendapat suplai listrik dari kabel laut 20 kV pada 2013 silam. Bahkan nantinya untuk memenuhi kebutuhan listrik warga setempat akan membangun PLTS (Pusat Listrik Tenaga Surya) Off Grid dengan 125 Kwp (Kilo Watt Peak) di Bangka Selatan. (Humas KPKNL Pangkalpinang)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini