Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Beri Kuliah Umum di Universitas Andalas, Sri Mulyani: Jadilah Solusi Bangsa Ini
Andi Al Hakim
Jum'at, 09 Februari 2018 pukul 00:19:11   |   2238 kali

Padang - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa di Universitas Andalas, Kamis (08/02). Materi yang disampaikan berjudul "Menjaga Momentum Untuk Mencapai Kesejahteraan".

Acara yang dipadati oleh ribuan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan ini juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi social media facebook Kementerian Keuangan. Tiba pada pukul 14.05 WIB, sebelum memasuki venue kuliah umum. Menteri Keuangan menyempatkan diri untuk mengunjungi booth DJKN yang berlokasi di luar convention hall.

Tidak lama berselang, Menteri Keuangan memasuki convention hall dan memulai membuka kuliah umum, ada 5 hal yang disampaikan Menteri Keuangan dalam kesempatan ini. Pertama, tantangan dan kondisi ekonomi global. Kedua, kondisi ekonomi Indonesia. Ketiga, APBN sebagai suatu instrumen fiskal untuk mencapai tujuan bernegara (pembangunan). Keempat, Sekilas mengenai APBN 2018. Terakhir, Kementerian Keuangan dan beasiswa melalui LPDP.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, mahasiswa Universitas Andalas patut berbangga, karena salah satu pendiri bangsa, Mohammad Hatta berasal dari Sumatera Barat. "Kalian patut berbangga, karena memiliki connection yang sifatnya langsung, historis maupun personal. Saya berharap bahwa generasi muda dari Universitas Andalas memiliki militansi nasionalisme karena terkait secara langsung oleh histori pendiri bangsa kita," ungkap Sri Mulyani Indrawati disambut tepuk tangan ribuan mahasiswa. 

Lebih lanjut, Sri Mulyani menyampaikan bahwa Indonesia tidak boleh hanya mengejar pertumbuhan ekonomi, karena pertumbuhan tanpa pemerataan dan keadilan adalah pertumbuhan yang akan menyebabkan malapetaka di kemudian hari. "Pertumbuhan harus inklusif, artinya seluruh masyarakat mampu berpartisipasi dan ikut menikmati hasilnya," tambah Sri Mulyani.

Di akhir materi, Sri Mulyani berpesan agar para mahasiswa Universitas Andalas tidak hanya meraih cita-cita  secara pribadi, namun juga sebagai solusi bangsa. "Indonesia ekonominya perlu diperkuat oleh kita semua. Kalau saya sebagai menteri menjaga, dengan melaksanakan tugas saya. Saya ingin Universitas, Akademisi dan mahasiswa juga melakukan yang terbaik sehingga semua bidang, semua peran akan menjadi solusi bagi Indonesia dalam mewujudkan cita-cita pendiri bangsa kita, masyarakat adil dan makmur. Negara yang maju dan bermartabat," tutupnya. (Al/Tim Humas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini