Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Bandar Lampung Persiapkan Pekan 110 Tahun Lelang Indonesia
Hakim Setyo Budi Mulyono
Kamis, 08 Februari 2018 pukul 18:45:03   |   1035 kali

Bandar Lampung - Bulan Februari tahun ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan menyelenggarakan Pekan 110 Tahun Lelang Indonesia. Sebagai upaya untuk ikut serta dalam perhelatan tersebut, pada Kamis (1/2/2018) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung menyelenggarakan kegiatan untuk mensosialisasi acara tersebut. Sosialisasi ini diikuti sekitar 50 perwakilan stakeholder lelang, terdiri dari Perbankan, Lembaga Pembiayaan, dan Balai Lelang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai 1 KPKNL Bandar Lampung ini dibuka Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A. Andiana. Pada kesempatan tersebut, Didith memaparkan tentang rencana kerja lelang tahun 2018. “Perencanaan lelang kita buat secara efektif dengan menyertakan mitigasi risiko,” papar Didith. “Kita berupaya untuk melakukan penggalian potensi lelang baik kepada pembeli potensial maupun masyarakat luas,” tambahnya. Didith juga menyinggung tentang persiapan Pekan 110 Tahun lelang Indonesia.

Kegiatan ini juga diisi dengan diskusi yang dipandu Kepala Seksi Pelayanan Lelang Andri Dwinanto. Sebelum diskusi dimulai, Andri memberikan edukasi/knowledge sharing teknis penyampaian permohonan lelang berupa kelengkapan dokumen persyaratan Lelang Eksekusi Pasal 6 Undang Undang Hak Tanggungan.

Selain itu, Andri juga membahas tentang perlunya tanda terima/kirim untuk surat peringatan dan surat pemberitahuan lelang kepada debitur serta penyampaian softcopy surat permohonan lelang.

Kepada peserta sosialisasi, Andri menyampaikan rencana Pekan 110 Tahun Lelang Indonesia. “Rencananya, kita akan adakan pameran lelang (booth-red) di Mal Bumi Kedaton pada 24-25 Februari 2018,” ungkapnya. Menurut Andri, pada minggu 25 Februari 2018, KPKNL Bandar Lampung merencanakan akan melaksanakan sosialisasi lelang pada acara Car Free Day.  “Lelang Fair kami rencanakan akan diselenggarakan pada tanggal 28 Februari di kantor kami,” ujar Andri.

Sementara itu, salah satu pejabat lelang KPKNL Bandar Lampung, Kepala Seksi Piutang Negara Casrudin memandu sesi tanya jawab dibantu oleh pelaksana Seksi Pelayanan Lelang Krisna Artanti. Salah satu peserta bertanya tentang bagaimana teknis penyampaian data lelang yang aman, efektif dan efisien. Casrudin menanggapi pertanyaan ini. “Permohonan lelang akan diproses jika pemohon lelang telah menyampaikan data lelang,” katanya. 

Krisna menambahkan bahwa data lelang bisa menggunakan media seperti flashdisk ataupun melalui email. “Hal ini dimaksudkan untuk percepatan pelayanan lelang dan memudahkan verifikasi berkas lelang,” terangnya. 

Peserta yang lain menanyakan tentang bagaimana cara melakukan registrasi e-auction. Krisna menanggapi pertanyaan ini. “Petunjuk untuk pembuatan akun bisa diakses dengan mudah dan dicari di internet,” jawab Krisna. “Tetapi apabila dibutuhkan KPKNL akan membuat buku panduan,” sambungnya.

Bagaimana bentuk partisipasi pihak perbankan dalam pekan lelang juga ditanyakan oleh peserta. “Acara pekan lelang adalah milik kita bersama, oleh karena itu partisipasi dalam segala bentuk sangat diharapkan,” pungkas Andri.

Kegiatan ini memberikan informasi awal bagi peserta sosialisasi tentang Pekan 110 Tahun Lelang Indoensia. Sosialisasi ini turut dihadiri Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dan sebagian Kepala Seksi KPKNL Bandar Lampung. (Berita: Hakim SB Mulyono, Foto: Marinda Isella Tambunan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini