Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
English Club DJKN : Bincang Santai Pengenalan Penilaian
Aditya Febrianto
Rabu, 03 Januari 2018 pukul 18:14:55   |   1320 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada Kamis (28/12) melaksanakan kegiatan English Day kepada seluruh Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Pusat DJKN. Kegiatan yang dikemas oleh Sub Bagian Pengembangan Pegawai DJKN bekerja sama dengan Direktorat Penilaian dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan keterampilan berbahasa Inggris bagi CASN dan sebagai ajang mengenalkan English Club DJKN.

Kegiatan kali ini merupakan rangkaian kegiatan penutup English Club DJKN selama tahun 2017 dengan mengangkat topik "Bincang Santai Penilaian" yang dibuka oleh Direktur Penilaian Meirijal Nur. Dalam membuka kegiatan, Mei, sapaan akrab pria kelahiran Sumatera Barat ini menyampaikan agar seluruh CASN terus mengasah kemampuan dasar berbahasa Inggris secara aktif. Melalui English Club DJKN diharapkan mampu memfasilitasi keterampilan yang dimiliki oleh CASN sehingga dapat disalurkan untuk menghasilkan outcome yang optimal bagi institusi DJKN.

Mei juga menekankan secara spesifik bahwa terdapat peluang besar bagi seluruh CASN yang ingin menjadi Penilai Pemerintah malalui peningkatan serta penajaman kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. DJKN telah bekerja sama dengan badan dan lembaga nasional dan internasional dalam pengembangan minat, bakat, dan keterampilan pegawai yang menunjang tugas dan fungsi DJKN melalui diklat dan short course dalam dan luar negeri.

Membuka sambutannya, Mei memancing ASN dengan melemparkan pertanyaan terkait 3 hal apa yang menjadi pilar utama dalam melaksanakan penilaian? Pertanyaan ini diharapkan mampu menggugah keberanian CASN dalam mengemukakan pendapat dan mengenal lebih dekat tugas dan fungsi DJKN di bidang Penilaian. Dari total penerimaan CASN ke DJKN sebanyak 204 orang Sarjana dan 46 orang Diploma III, Lintang salah satu CASN asal Sumatera menyampaikan pandangan terkait pertanyaan Direktur Penilaian yang mengemukakan 3 pilar utama dalam pelaksanaan penilaian  terdiri atas i) Regulasi ii) Sumber Daya Manusia, dan iii) Data.

Rangkaian bincang santai dilanjutkan dengan penyampaian 6 materi dasar penilaian  meliputi i) Penilaian Dasar ii) Pendekatan Biaya iii) Pendekatan Pendapatan iv) Analisis Pasar Properti v) Pendekatan Data Pasar dan iv) Analisis Highest and Best Use. Hal menarik dari penyampaian 6 materi ini dikemas melalui praktik dan contoh yang melibatkan langsung para CASN sehingga materi lebih mudah dipahami oleh CASN dalam mengimplikasikan setiap metode penilaian yang disampaikan oleh pembicara.

Dalam penyampaian materi dan bincang santai juga diselingin pertanyaan kuis untuk lebih menyegarkan suasana dengan pertanyaan menarik dan hadiah ekslusif. (Adit/Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini