Berita DJKN

Direktur Lelang Menilik Persiapan Peresmian Auction Lounge KPKNL Bekasi

Selasa, 02 Januari 2018 pukul 13:44:45   |   350 kali

Bekasi – Sebagai bentuk inovasi di bidang lelang, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi membuat auction lounge di area pelayanan terpadu. Auction lounge merupakan ruangan yang dibuat tersendiri untuk melayani para pemangku kepentingan lelang, khususnya dalam pelaksanaan lelang melalui internet (e-auction). Berkenaan dengan persiapan peresmian oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Direktur Lelang DJKN  mengadakan kunjungan kerja ke KPKNL Bekasi pada Rabu (27/12/2017)  untuk menilik persiapan peresmian auction lounge tersebut.

Auction lounge Bekasi mulai dibangun pertengahan 2017 dan sudah mulai digunakan sejak November 2017. Dilengkapi koneksi internet nirkabel (wireless), sofa yang nyaman, monitor untuk menampilkan laman e-auction, dan fasilitas lain. Auction lounge dibuat senyaman mungkin untuk interaksi dalam pelaksanaan lelang maupun pelayanan lelang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Direktur Lelang DJKN, Lukman Effendi, meninjau gudang berkas lelang dan ruang kerja Seksi Pelayanan Lelang. Hal tersebut menjadi bentuk perhatian Lukman terhadap proses bisnis pelayanan lelang secara umum tidak terbatas pada adanya auction lounge.

Lukman beserta jajarannya yang terdiri dari Kasubdit Lelang dan, para Kepala Seksi juga mempresentasikan hal-hal terkini di bidang lelang dalam acara tersendiri.

Acara presentasi diawali dengan pemaparan capaian kinerja Bidang Lelang oleh Kepala KPKNL Bekasi, Partolo. Partolo memaparkan perbandingan target dan realisasi, komposisi SDM, dan permasalahan di bidang lelang KPKNL Bekasi.

Selanjutnya, Lukman Effendi menanggapi dan memaparkan beberapa perkembangan terkini bidang lelang antara lain road map dalam bidang lelang, wacana pembentukan Undang-Undang tentang Lelang, pelaporan bidang lelang melalui drop box, perkembangan terkini e-auction, dan rencana auction week tahun 2018 merayakan 110 tahun vendureglement. “Lelang kini harus lebih peka terhadap teknologi. Adanya e-auction jadi bukti bahwa lelang sudah mengikuti perkembangan zaman,” tambah Lukman.

Acara selanjutnya adalah diskusi antara Direktur Lelang DJKN,Lukman dengan pegawai KPKNL Bekasi dalam bentuk tanya jawab. Supiyanta, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, menanyakan mengenai target pelaksanaan e-auction tahun 2018. Lukman merespon pertanyaan tersebut bahwa sesuai instruksi Menteri Keuangan dengan harapan lelang semakin transparan maka target lelang 2018 untuk e-auction ditetapkan jadi 100%. Namun memperhatikan belum meratanya infrastruktur di beberapa KPKNL, sementara ditargetkan 85% pelaksanaan e-auction sembari menunggu penetapan lebih lanjut, ujar Lukman menambahi. Selain itu Widiyantoro, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, turut menyampaikan usulan agar laman e-auction lebih user friendly dalam memberi informasi lelang dengan fitur pemilihan objek lelang sesuai lokasi dan spesifikasi sesuai keinginan calon peserta lelang. (Teks dan Foto: Aenul, Seksi HI KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Berita