Berita DJKN

Seminar IT Akhiri Pekan Transformasi DJKN 2017

Senin, 13 November 2017 pukul 18:44:46   |   473 kali

Jakarta - Pekan Transformasi DJKN 2017 berakhir pada Jumat (10/11/2017). Seminar Informasi dan Teknologi (IT) menjadi puncak acara sekaligus menutup rangkaian kegiatan ini. Seminar IT bertema Mengelola Kekayaan Negara dengan Teknologi Informasi ini mengundang praktisi di bidang Georaphic Information System (GIS) Firmansyah dan Solution Lead Big Data & Analistics IBM Indonesia Deden Hasanudin.

Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Indra Surya membuka acara yang digelar di aula DJKN lantai 5 selatan ini.  Slogan menarik diucapkan oleh Indra, yakni “Seminar IT, Kelola Aset Dengan Teknologi”.

“IT itu harus menjadi backbone pengelolaan Kekayaan Negara, ujar Indra dalam sambutannya. Indra juga berharap acara ini bisa diikuti dengan bergairah serta memberikan manfaat bagi kemajuan DJKN.

Kesempatan selanjutnya, Kasubdit Perencanaan dan Pengembangan Sistem Aplikasi Acep Irawan yang menjadi moderator dalam acara ini memaparkan agenda pengembangan TIK DJKN “Road to Asset Manager”, antara lain transformasi proses bisnis dan digitalisasi DJKN. “Menuju DJKN yang modern, untuk mencapai itu kita harus bertransformasi,” papar Acep.

Sementara itu saat Knowledge Sharing IT, praktisi yang diundang Firmansyah mengungkapkan manfaat menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS). “Alternatif GIS ini mengemuka mengingat kondisi dan permasalahan umum pada pengelolaan aset, diantaranya aset tersebar di seluruh Indonesia, belum adanya single reference database, belum terpetakan dengan baiknya permasalahan hukum pada lahan, aset yang ada belum termanfaatkan maksimal/optimal (ROA kecil), dan belum adanya tools analisis dalam aspek spasial yang membantu pengelolaan aset, “ ungkap Firmansyah.

Sedangkan Deden Hasanudin menjelaskan tentang penyajian Informasi dengan Big Data Technology, Data warehouse, dan Business Intelligence. Deden menegaskan bahwa penggunaan Big data bukanlah merupakan sebuah lompatan teknologi, namun sebuah pergerakan yang didasari kebutuhan manusia untuk mencapai kemudahan yang meningkatkan kualitas kehidupan.

Seminar IT ini merupakan sarana memberikan wawasan pengetahuan kepada para pejabat dan pegawai untuk optimalisasi peran DJKN sebagai Aset Manager dengan dukungan kemajuan teknologi informasi.

Sehari sebelumnya pada Kamis (09/11/2017), aula DJKN lantai 5 Selatan dimeriahkan dengan acara English Day. Acara yang menghadirkan bintang muda Tasya Kamila ini mengobarkan semangat perubahan dalam menghadapi tantangan global. "Try to challenge yourself by bringing out the best of yourself. And at the personal level, if You have a brave heart and easy to work-will, you'll gain success," ujar Tasya memotivasi para peserta yang hadir. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati 1 tahun English Club DJKN.

Semakin menambah semarak acara English Day ini adalah penampilan beberapa booth dari masing-masing Direktorat di Kantor Pusat DJKN, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Australian Awards Scholarship (AAS), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kedubes Jepang-Monbukagusho, dan International Development Program (IDP) IELTS, yang menyajikan berbagai kuis dan games menarik serta berhadiah.

Jadwal lengkap English Day di hari Kamis (09/11/2017) adalah Keynote Speech Directorate General State Asset Management (DGSAM), Launching English Club, Talkshow Personal Transformation for a Better Institution by Inspiring Scholar - Tasya Kamila, English Speech Contest, DGSAM Alumni Sharing Session, and English Speech Competition’s Winner Announcement.

(Humas DJKN)

Foto Terkait Berita