Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Serang Berhasil Jadi Pemenang Lomba Kantor Implementasi PUG 2017
Hendrawan Yudie Susanto
Rabu, 01 November 2017 pukul 14:25:40   |   827 kali

Jakarta – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serang sebagai wakil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai salah satu pemenang dalam Lomba Kantor Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) pada upacara peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-71 yang dilaksanakan pada Senin (30/10) di Jakarta.

KPKNL Serang sebagai wakil DJKN  berhasil menjadi pemenang peringkat ketiga dalam Lomba Implementasi PUG Kementerian Keuangan Tahun 2017 sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 760/KMK.01/2017 tentang Penetapan dan Pemberian Penghargaan Pemenang Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender Kementerian Keuangan Tahun 2017.

KPKNL Serang berhasil mendapat penilaian yang sangat baik atas tiga indikator yang menjadi dasar penilaian lomba yaitu: pemahaman pegawai KPKNL Serang mengenai PUG (bobot 30%), sarana dan prasarana implemetasi PUG (bobot 30%) dan kebijakan Responsif Gender (bobot 35%).

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan KPKNL Serang pada masa pra penjurian, yaitu, membentuk Tim Implementasi Pengarusutamaan Gender pada KPKNL Serang tahun 2017, menunjuk Duta PUG di akhir tahun 2016, membuat telaahan untuk mengindentifikasi isu gender dengan menggunakan alat analisis gender yang dipergunakan di Kementerian Keuangan yaitu GAP (Gender Analysis Pathway), menyusun program, kegiatan dan rencana kerja berdasarkan hasil telaahan, dan melaksanakan internalisasi implementasi PUG dengan melibatkan Kanwil DJKN Banten, Sesditjen DJKN serta mengundang pakar gender.

Implementasi Pangarusutamaan Gender yang dilaksanakan KPKNL Serang antara lain, usulan penyempurnaan aplikasi e-auction yang responsif gender, program identifikasi dan pelayanan terhadap pengguna layanan berkebutuhan khusus (difabel, lansia, ibu hamil, serta orang tua yang membawa balita), sosialisasi Implementasi Pengarusutamaan Gender di lingkungan Kanwil DJKN Banten dengan peserta dari Kanwil DJKN Banten, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang I dan KPKNL Tangerang II serta mengundang Duta PUG KPKNL Serang sebagai narasumber.

Selain itu, juga dilakukan sosialisasi PUG sekaligus rapat koordinasi, monitoring dan evaluasi sertifikasi BMN tahun anggaran 2017 yang dihadiri oleh peserta dari Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten, empat kantor pertanahan kota/kabupaten se-Banten dan 18 satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Serang, serta KPKNL Serang telah mengadakan kacamata baca (plus) untuk dipergunakan di pojok informasi maupun di ruang kesempurnaan sebagai fasilitas bagi pengguna layanan/pegawai berkebutuhan khusus, juga kebijakan untuk penyediaan sarana dan prasarana yang responsif gender.

Lomba kantor Implementasi Gender ini diadakan oleh Biro Perencanaan dan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dengan tujuan mengevaluasi atas sosialisasi PUG yang selama ini telah dilakukan di lingkungan Kementerian Keuangan. Adapun dari keseluruhan peserta  berasal dari 5 unit eselon 1 di lingkungan Kementerian Keuangan.

Selain sebagai  evaluasi, lomba ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi pelaksanaan pengarusutamaan gender di lingkungan Kementerian Keuangan yang dikemas dalam bentuk lomba antar satuan kerja vertikal Kementerian Keuangan. Tahun 2018 direncanakan akan diadakan Lomba Implemetasi PUG antar kantor pusat eselon 1 di lingkungan Kementerian Keuangan. (PUG Kantor Pusat DJKN)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini