Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Jembatan Putus Bukan Alasan Menunda Pelaksanaan Lelang
Hakim Setyo Budi Mulyono
Rabu, 18 Oktober 2017 pukul 19:39:46   |   625 kali

Bandar Lampung - Salah satu fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) adalah melaksanakan pelayanan lelang. Sebagai bagian dari menjalankan fungsi ini, pada Selasa (17/10), Andri Dwinanto, Pejabat Lelang KPKNL Bandar Lampung, menempuh perjalanan dari kantornya menuju lokasi dilaksanakannya lelang di Kecamatan Krui. Lelang dilaksanakan atas permohonan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan objek lelang kendaraan yang tercatat sebagai barang milik daerah.

Andri mengungkapkan bahwa menempuh perjalanan menuju Kecamatan Krui bukanlah pekerjaan mudah. Pagi-pagi ia harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. "Saya dan teman-teman berangkat jam 4 dini hari," ungkapnya. "Perjalanan dari kantor sampai tiba di lokasi membutuhkan waktu sekitar 6 jam," tambahnya.

Dari KPKNL Bandar Lampung, lokasi dilaksanakannya lelang berjarak 249 km. Selain harus melewati jalanan berbukit dan berkelok-kelok, hari itu Andri mendapatkan pengalaman unik. "Jam 9 kami sampai di Jembatan Sungai di Jalan Lintas Barat (Jalinbar-red). Mobil tidak bisa meneruskan perjalanan," demikian Andri mengungkapkan bahwa jembatan penghubung yang melintasi sungai putus total.

Sebagaimana diberitakan oleh media, jembatan di Jalinbar km 20 Pekon Mandiri, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, putus total pada Kamis (12/10/2017) karena terkena longsoran banjir. Akibatnya, jalan Negara yang menghubungkan antara Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat harus putar arah. Pengguna jalan dari Bandar Lampung menuju Krui dan Bengkulu tidak dapat melalui jalur tersebut.

Lokasi pelaksanaan lelang masih berjarak 12 km dari jembatan yang putus tersebut. Menurut penuturan Andri, ia memarkir kendaraan dinasnya di tepi jembatan dan menyeberang sungai menuju ke tepi jembatan di seberang. "Pemerintah setempat menimbun sungai dengan bebatuan," tuturnya. "Dari situ kami jalan kaki melintasi sungai menuju ke seberang," lanjutnya.

Di seberang sungai, tim dari Pemkab Pesisir Barat telah menunggu Andri dan rekan-rekan. Bersama mobil Pemkab, mereka melanjutkan perjalanan ke lokasi pelaksanaan lelang. "Selain mobil kantor, masih banyak mobil-mobil yang lain diparkir di tepi jembatan putus itu," kata Andri kepada Tim Publikasi KPKNL Bandar Lampung.

(Teks: Hakim Setyo Budi Mulyono, Foto: Andri Dwinanto)
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini