Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang Barang Artis Meriahkan Lelang Expo 2017
Paundra Adi Ristiawan
Senin, 25 September 2017 pukul 11:49:33   |   1018 kali

Jakarta – Untuk mengedukasi masyarakat, DJKN bersama Persatuan Balai Lelang Indonesia (Perbali) mengadakan lelang simulasi barang artis, lelang sukarela motor, mobil dan benda-benda seni. Lelang tersebut diadakan dalam rangkaian Lelang Expo 2017 di Jakarta Convention  Center, 22-23 September 2017.

Jumat (22/9) Lucky Reza berkesempatan, melelang gaun miliknya. Gaun milik pelantun lagu ‘Ini Rindu’ itu dibandrol dengan harga limit Rp2 juta dan berhasil terjual seharga Rp2,5 juta. Sabtu (23/9) beberapa artis kembali melelang barang-barang miliknya. Artis tersebut adalah Inul Daratista , Nadia Vega, Uztadz Jaelani, Alfi Alfandi dan beberapa artis lainnya.

Besarnya animo masyarakat mengikuti lelang barang milik artis menjadikan suasana lelang jadi meriah. Para peserta berlomba-lomba meneriakkan penawaran tertingginya untuk bisa mendapatkan barang milik artis idolanya.

Melalui lelang, barang-barang artis tersebut bisa terjual melebihi harga perkiraan. Mekanisme lelang yang transparan dan terbuka untuk umum menjadikan harga yang terbentuk bisa optimal, dan mencerminkan nilai pasar.

Sebelumnya di hari yang sama digelar pula lelang 60 unit motor yang diadakan oleh Balai Lelang Japan Bike Auction (JBA) dan lelang 19 unit mobil yang diadakan Balai Lelang Ibid.

Berbeda dengan hasil lelang rampasan dan gratifikasi KPK, yang hasil lelangnya disetor ke kas negara,  pokok hasil lelang sukarela ini akan diserahkan sepenuhnya pada pemilik barang. Dalam lelang sukarela yang dilaksanakan Pejabat Lelang Kelas II pembeli dikenakan bea lelang barang bergerak sebesar 0,5%. Bea lelang tersebutlah yang masuk ke kas negara sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP). [Humas DJKN]


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini