Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Middle Management Menentukan Kualitas Institusi
Ali Ridho
Rabu, 19 Juli 2017 pukul 11:48:29   |   1634 kali

Jakarta - Peran middle management sangat menentukan kualitas institusi, hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan arahan kepada 226 pejabat eselon III Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dilantik dan diambil sumpahnya pagi ini Rabu, 19 Juli 2017.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang berlangsung di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta tersebut, dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan menyampaikan bahwa pejabat eselon III merupakan miniatur dari kinerja Kemenkeu.

Khusus kepada 102 Pejabat Eselon III DJKN baik yang promosi, mutasi maupun pengukuhan, ibu yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, menyampaikan pesan agar mengelola aset negara menjadi aset yang bekerja untuk mewujudkan kemakmuran rakyat.

"Sepuluh tahun terakhir, DJKN telah membuat pondasi pengelolaan kekayaan negara dengan tertib Hukum, tertib fisik dan tertib administrasi. Saya ingin 10 tahun kemudian, anda harus membuat keyakinan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa pengelolaan aset negara kita adalah tidak hanya meliputi   tertib hukum, tertib fisik, dan tertib administrasi namun bagaimana dia (aset-red) menjadi aset yang bekerja untuk mewujudkan kemakmuran rakyat. Artinya utilisasi aset menjadi penting dan harus ada perubahan pola pikir pengelolaan aset negara," tegas Menteri Keuangan. 

Harapan Sri Mulyani kepada seluruh pejabat eselon III adalah jangan berhenti untuk belajar karena eselon III haruslah mempunyai otak dan ide yang lebih cerdas untuk melayani masyarakat dalam kesehariannya. Serta setiap hari, sepulang tugas, haruslah mempunyai dua perasaan di dalam hati. Yang pertama adalah apakah hari ini saya telah melakukan yang terbaik, dan yang kedua adalah saya akan bekerja lebih baik esok hari, karena yang saya lakukan hari ini belum cukup.

Dua hal ini diharapkan dapat memicu semangat kerja di jajaran pejabat eselon III agar bekerja lebih baik dan semakin baik setiap harinya. Pejabat Eselon III adalah the real quality of this institution atau cerminan kualitas dari institusi ini, yaitu Kementerian Keuangan.  I have done my best, but my best is not good enough.

Di akhir pidatonya, Sri Mulyani menegaskan kepada para pejabat eselon III agar tetap amanah, jujur, dan berambisi untuk terus melakukan perbaikan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Para pejabat yang dilantik merupakan bagian dari tulang punggung Republik ini,  maka sangat diharapkan menjadi manusia-manusia yang diandalkan oleh republik ini dan rakyatnya. 

“Republik ini ada di tangan Anda, dan kalau tangan Anda adalah tangan yang amanah, tangan yang jujur, tangan yang berambisi untuk terus memperbaiki, maka Republik ini ada di tangan yang aman. Saya titipkan Republik ini kepada Anda semua,” pungkasnya.

Pejabat eselon III yang dilantik kali berasal dari Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Perbendaharaan Negara, Dijjen Perimbangan Keuangan, dan Ditjen Anggaran. (Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini