Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
KPKNL Malang dan Kantor Pertanahan Sertifikatkan 12 Juta Meter Persegi Aset Negara
malangpos.co 22 Desember 2022
 Rabu, 04 Januari 2023 pukul 15:45:28   |   133 kali

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Sepanjang 2022 ini Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang berhasil melakukan sertifikasi sebanyak 661 bidang tanah Barang Milik Negara (BMN) bekerjasama dengan Kantor Pertanahan. BMN berupa tanah yang telah disertifikatkan sebanyak 661 bidang ini memiliki luasan bidang total 12.495.018 meter persegi. Capaian ini melampaui target karena target sertifikasi di Tahun 2022 ini adalah sebanyak 520 bidang. Hal ini ditegaskan Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Malang Ali Ridho kepada Malang Posco Media, Kamis (22/12). “KPKNL Malang melaksanakan pensertipikatan BMN berupa tanah sebagai upaya mewujudkan tertib administrasi dan untuk memberikan kepastian hukum. Selain itu, sertifikasi juga bertujuan untuk mengamankan aset sekaligus memberikan perlindungan hukum kepada pemegang Hak Atas Tanah dalam hal ini Pemerintah,” tegas Ali siang tadi.


Sehingga, lanjut Ali, BMN tersebut dapat secara optimal dimanfaatkan fungsinya untuk kepentingan pelaksanaan tugas pemerintahan dan sebesar-besar kemakmuran rakyat. Dijelaskannya capaian pelaksanaan sertifikat BMN berupa tanah KPKNL bersama Kantor Pertanahan berasal dari 22 satuan kerja di wilayah 10 Kabupten/kota KPKNL. Yakni Kantor Pertanahan Kota Malang, Kantor Pertanahan Kabupaten Malang, Kantor Pertanahan Kota Blitar, Kantor Pertanahan Kabupaten Blitar, Kantor Pertanahan Kota Kediri, Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri, Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung, Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek, Kantor Pertanahan Kota Batu serta Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang.


Kesuksesan program percepatan sertipikasi BMN berupa tanah sangat perlu dukungan dari 3 pihak yaitu Kementerian Keuangan dalam mengalokasikan anggaran yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan pensertipikatan BMN berupa tanah, Kementerian/Lembaga mengajukan tanah yang akan diajukan dalam program percepatan sertipikasi dan Kementerian ATR/BPN dalam melaksanakan pensertipikatan BMN berupa tanah. Berita Lainnya:  Water Cannon Warnai Upacara Kenaikan Pangkat 50 Personel Polresta Malang Kota


“Untuk mengapresiasi proses pengamanan aset negara KPKNL Malang memberikan penghargaan kepada Kantor Pertanahan Trenggalek untuk kategori Penyelesaian Sertipikasi Tercepat dan Kantor Pertanahan Kabupaten Malang untuk kategori Sertipikasi Terbanyak yaitu 147 bidang,” jelas Ali. Selanjutnya untuk Satuan Kerja Pengguna Barang, KPKNL Malang memberikan penghargaan kepada Zidam V/Brawijaya sebagai Satuan Kerja kategori Penyelesaian Bidang Tanah Terluas, Satuan Kerja Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah I kategori Penyelesaian Bidang Tanah Terbanyak, serta Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh kategori Penyelesaian Bidang Tanah Tercepat. (ica/jon)

 


Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini