Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Kemenkeu Mengajar Ke-7 di SMA Siwalima Ambon Berikan Pemahaman dalam Menjaga Ekonomi Negeri
porostimur.com, 28 November 2022
 Rabu, 30 November 2022 pukul 13:02:28   |   373 kali

Porostimur.com, Ambon – Ratusan siswa dari SMA Siwalima Ambon, terlihat antusias mengikuti program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar. 

Acara yang digelar di aula dan lapangan SMA Siwalima Ambon pada Senin (28/11/2022) itu merupakan sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah yang diinisiasi oleh Kemenkeu.


Kepala SMA Siwalima Ambon Nasir Tidore meyambut baik Kemenkeu Mengajar. Menurutnya, program ini adalah inspirasi class buat siswa untuk penyegaran semangat dan cita-cita siswa-siswi.

Ia bersyukur adanya program Kemenkeu Mengajar. Sebab siswa dapat mengenal tugas Kementerian Keuangan dan literasi keuangan.


“Diharapkan pertama ya wawasan siswa bertambah ya. Paling tidak mereka tahu dari uang yang digunakan konsumsi itu memiliki nilai yang lain yang lingkupnya ke negara. Mereka jadi tahu sirkulasi keuangan,” ujarnya.

Hadirnya Kemenkeu Mengajar ini mengajak siswa tidak hanya mengenal Kementerian Pendidikan saja. Mereka dapat mengetahui tugas dan kerja-kerja Kementerian Keuangan.


“Ada pengetahuan wawasan tambahan bagi siswa kami meski masih SD. Biar tidak hanya mengenal kementerian pendidikan. Ini menambah wawasan siswa kami,” jelasnya.

Kegiatan ini kata Nasir Tidore secara tidak langsung mengarahkan anak didik berani bercita-cita tinggi sehingga KM 7 ini menjadi inspirasi bagi siswa.


Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon Bagong Susanto mengatakan, Kemenkeu Mengajar ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun dalam bentuk mengajar kepada siswa/siswi. Kegiatan ini merupakan hasil inisiatif Pegawai Kementerian Keuangan dalam rangka menginspirasi hingga penjuru Negeri. Kegiatan ini mengajar selama satu hari di sekolah.

“Relawan akan mengajarkan peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Kemenkeu Mengajar juga akan mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang ada di Kementerian Keuangan,” papar Bagong.


“Karena kegiatan ini mengusung semangat kesukarelaan, panitia tidak memungut biaya apapun pada sekolah dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar, juga tidak mendapatkan pembayaran baik honorarium maupun SPD,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan kementerian Keuangan Ambon Prioyono Triatmojo mengatakan, Kemenkeu Mengajar diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang Ke-76 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian kami, insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.


Pada tahun 2019 lalu kegiatan ini menjadi program kerelawanan ASN pertama di Indonesia mendapatkan rekor MURI. Setelah itu pandemi covid-19 datang, namun pandemi tidak membuat semangat kerelawanan kami luntur. Pada tahun 2020 dan 2021, program Kemenkeu Mengajar diselenggarakan secara online dan untuk pertama kalinya mengajar di SMA, SMP dan sekolah setara.

“Pada tahun ini, Kemenkeu Mengajar 7 diadakan secara serentak di sekolah-sekolah mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia. Tak hanya itu, Kemenkeu Mengajar 7 juga diadakan di 8 (delapan) Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang berada di 4 (Empat) negara, serta 9 (Sembilan) Sekolah Luar Biasa” ujarnya.

untuk diketahui, sekalin di SMA Siwalima, kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 juga dilaksanakan di SMP Negeri 4 Ambon dan SD Negeri 4 Ambon. (Keket)

Foto Terkait Berita Media
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini