Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Rapor Hijau, Realisasi Belanja Modal DJKN 2014
N/a
Kamis, 15 Januari 2015 pukul 16:03:51   |   2156 kali

Tidak terasa kita sudah berada di awal tahun yang baru, tahun 2015. Suasana pergantian tahun esensinya adalah melakukan refleksi terhadap perjalanan tahun yang berlalu dan mempersiapkan diri menyongsong tahun baru untuk melakukan yang lebih baik lagi. Sebagai evaluasi perjalanan tahun 2014, Sekretariat Kantor Pusat DJKN mengapresiasi usaha dan kerja keras seluruh rekan-rekan Kantor Pusat dan Kantor Vertikal DJKN atas capaian belanja modal sampai dengan bulan Desember 2014 yang berhasil melebihi target penyerapan anggaran lingkup Kementerian Keuangan (95%) yakni sebesar 98,04% terdiri dari realisasi anggaran sebesar 96,40% dan realisasi ouput sebesar 99,68% untuk keseluruhan DJKN.

Pencapaian dimaksud merupakan pencapaian realisasi belanja modal terbaik bagi DJKN selama beberapa tahun terakhir. Selain karena komitmen, kerja keras, dan doa dari rekan-rekan Kantor Pusat maupun Kantor Vertikal DJKN yang memiliki kegiatan belanja modal, pada tahun 2014 terdapat Instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2014 tanggal 19 Mei 2014 tentang Langkah-Langkah program Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara TA 2014 yang salah satunya mewajibkan pemotongan belanja modal yang sama sekali belum dilaksanakan, tidak termasuk belanja modal konstruksi yang telah selesai proses perencanaan oleh Konsultan Perencana walaupun fisik belum dilaksanakan. Penghematan tersebut menghasilkan APBN-P dimana target volume ouput juga dapat berkurang seiring dengan pemotongan anggaran sehingga mengurangi target capaian belanja modal.

Sebagai Informasi, pada tahun 2014, DJKN memiliki 21 Kantor yang melaksanakan kegiatan belanja modal konstruksi bernilai di atas Rp200juta dan dilaksanakan melalui e-procurement, antara lain terdiri dari Pembangunan Gedung KPKNL Pekanbaru, Pembangunan Lanjutan Gedung KPKNL Tangerang dan Serpong, Rehabilitas Gedung Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, KPKNL Pematangsiantar, KPKNL Batam, KPKNL Jambi, KPKNL Cirebon, KPKNL Serang, KPKNL Surakarta, dan KPKNL Sorong. Selain itu, terdapat juga Pembangunan Rumah Dinas KPKNL Bukittinggi, KPKNL Tarakan, KPKNL Biak, Komplek Rumah Dinas KPKNL Pekalongan dan KPKNL Jember serta Rekonstruksi Rumah Dinas Kanwil DJKN Banda Aceh, Rehabilitasi Rumah Dinas KPKNL Padang, Kanwil DJKN Jawa Timur, Kanwil DJKN Papua dan Maluku.

Menjelang akhir tahun 2014, masih terdapat beberapa kantor yang realisasinya baik ouput maupun anggaran masih dibawah target khususnya untuk Kantor yang memiliki pagu belanja modal konstruksi bernilai di atas Rp1 Milyar. Sekretariat Kantor Pusat DJKN saat itu terus melakukan koordinasi intensif dengan para PPK kegiatan berupa tinjauan lapangan langsung untuk bertemu dan mengadakan rapat dengan para kontraktor pelaksana, dan memberikan semangat, dukungan dan arahan agar pelaksanaan belanja modal konstruksi selesai tepat waktu dan target penyerapan anggaran serta ouput tercapai. Dan mendekati akhir tahun 2014, dengan bangga, Kantor Pusat mengapresiasi keberhasilan rekan-rekan Kantor Vertikal dalam mencapai bahkan melebihi target penyerapan belanja modal DJKN.

Keberhasilan lainnya adalah kegiatan Pembelian Rumah Dinas oleh KPKNL Jayapura karena merupakan kegiatan pembelian yang dilakukan DJKN pertama kali. Adapun prosesnya sama seperti lelang pengadaan barang/jasa melalui e-procurement LPSE dimana pembayaran dilakukan setelah Pembangunan Rumah selesai dan serah terima dilakukan sehingga rekan-rekan panitia pengadaan barang/jasa di Kanwil/KPKNL tidak bertanggung jawab langsung selama proses konstruksi seperti halnya kegiatan belanja modal konstruksi pembangunan atau renovasi. Kegiatan ini dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan Rumah Dinas untuk Kanwil dan/atau KPKNL yang di wilayahnya sama sekali tidak terdapat potensi alih status Rumah Dinas baik dari eselon I lain di Kementerian Keuangan maupun Kementerian/Lembaga lain seperti BPKP.

Semoga keberhasilan pencapaian target penyerapan belanja modal ini menjadi motivasi kuat dan untuk kita semua dalam menyongsong tahun yang baru dengan target, kinerja dan semangat baru, tidak hanya untuk mencapai target realisasi belanja modal namun juga untuk semua jenis belanja serta untuk meningkatkan pelayanan DJKN kepada seluruh stakeholders DJKN,

Selamat Tahun Baru 2015, “The only way to do great work is to love what you do.” – Steve Jobs -

M Arif Setyawantika
Subbagian Pengadaan | Bagian Perlengkapan
Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini