Artikel DJKN

Kinerja Pelayanan lelang KPKNL Surakarta

Kamis, 18 Maret 2010 pukul 11:51:02   |   1816 kali

 KINERJA PELAYANAN LELANG KPKNL SURAKARTA



Penyunting: Marhaeni Rumiasih *2)

Pelayanan Lelang KPKNL Surakarta hampir tidak pernah sepi dari permohonan  pengguna jasa. Jenis pelayanan lelang yang dilayani oleh KPKNL Surakarta pun cukup beragam. Dari lelang kayu, hak tanggungan, eksekusi pengadilan, kepailitan, fiducia,sukarela, lelang aset PT. PPA sampai dengan lelang aset pemerintah pusat maupun daerah. Hal ini yang membuat Pejabat Lelang dan seluruh komponen pegawai di Seksi Pelayanan Lelang  terus berusaha meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guna mendukung tugas funfsi pokok Pelayanan Lelang.

Dalam kurun waktu tiga tahun frekuensi lelang KPKNL Surakarta terus meningkat dari 311 frekuensi lelang pada tahun 2007 sampai 473 pada tahun 2009. Frekuensi lelang terbesar KPKNL Surakarta adalah dari lelang Hak Tanggungan baik melalui Pengadilan Negeri maupun langsung ke KPKNL Surakarta memlalui pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan Nomor: 4 Tahun 1996. Namun apabila dilihat dari segi penerimaan maka penerimaa terbesar berasal dari Lelang Kayu Jati dari tangan pertama (PT. Perhutani Unit I Jawa Tengah). Dari penerimaan pokok lelang maka KPKNL Surakarta cukup optimis mencapai target yang ditetapkan  Kantor Pusat maupun Kantor Wilayah IX. Namun apabila dilihat dari penerimaan Bea lelang maka KPKNL Surakarta harus memaksimalkan pelaksanaan lelang eksekusi.

REALISASI POKOK LELANG

REALISASI BEA LELANG

Tingkat ketercapaian KPKNL Surakarta yang terus meningkat ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan secara terus menerus baik penggalian potensi lelang maupun sosialisasi. Sepanjang tahun 2007 sampai dengan 2009 KPKNL Surakarta secara rutin melakukan sosialisasi lelang terutama pelaksanaan lelang eksekusi Hak Tanggungan.  Adapun kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Surakarta seperti terlihat dalam table.

NO

KEGIATAN

TAHUN

PESERTA

KET

1

2

3

4

5

1.

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan dan aspek Hukum

2007

Bank Perkreditan Rakyat se Surakarta

Bank Indonesia Solo

2.

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan dan aspek Hukum

2007

Perbankan di wilayah KPKNL Surakarta

KPKNL Surakarta

2.

Sosialisasi Lelang Eksekusi Pengadilan Negeri

2008

Seluruh instansi terkait dengan pelaksanaan lelang Pengadilan Negari

Pengadilan Negeri Sukoharjo

3.

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan melalui pasal 6 UUHT

2008

PT. Bank Rakyat Indonesia yang ada di Wilayah Kerja KPKNL Surakarta

PT. Bank Rakyat Indonesia

4

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan melalui pasal 6 UUHT

2009

Bank Pasar se Kabupaten Klaten

Bank Pasar Klaten

5

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan dan aspek hokum

2009

Bank Perkreditan Rakyat se Surakarta

Bank Indonesia Solo

6

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan dan aspek hokum

2009

Koperasi Se – Surakarta

Dewan Koperasi Surakarta

7

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan

2009

Bank Perkreditan Rakyat

Hotel Kusuma Sahid Surakarta

8

Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan dan aspek hokum

2009

Bank Jateng

Bank Jateng

  Menghadapi Tahun 2010 dengan Target yang meningkat yaitu Rp. 40.225.000.000 untuk Pokok Lelang dan Rp. 792.600.000 untuk bea lelang, KPKNL Surakarta tetap optimis dapat mencapai target yang telah ditetapkan Kantor Pusat/Kantor Wilayah IX. Sikap optimis KPKNL Surakarta didasarkan pada kinerja yang dihasilkan oleh seluruh unsur yang ada dan dengan terus menerus dilakukan monitor dan evaluasi serta hasil survey kepuasan pelayanan dari pengguna jasa lelang.

  

NARA SUMBER

SUGIYANTO, SE, MSi *1)

UNTUNG SUDARWANTO, SH *3)

  

*1) Kepala Kantor KPKNL Surakarta

*2) Kepala Seksi Hukum dan Informasi

*3) Kepala Seksi Pelayanan Lelang

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.