Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Mewujudkan Kepastian dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Melalui Inovasi SISIRPAPA
Ida Kade Sukesa
Rabu, 28 Desember 2022 pukul 09:12:34   |   576 kali

Paradigma masa lalu dimana pengelolaan anggaran bersifat eksklusif dan terkadang informasi mengenai hal tersebut hanya berada pada orang-orang atau pihak tertentu di suatu institusi berdampak pada kurangnya informasi mengenai penganggaran atas suatu kegiatan. Tidak adanya transparansi atas pengelolaan anggaran menciptakan kondisi yang dapat mempengaruhi tata kelola suatu instansi menjadi tidak akuntabel dan membuka ruang adanya tindakan yang dapat mencederai nilai-nilai integritas. KPKNL Mamuju mencoba menghilangkan paradigma ini dengan dengan menciptakan suatu keterbukaan informasi atas pengelolaan anggaran yang bertujuan mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel, efektif, dan efisien, serta upaya strategis yang dapat mencegah kerugian Negara, dengan mengembangkan suatu inovasi berupa Aplikasi SISIRPAPA.

Aplikasi SISIRPAPA ini menyajikan suatu data yang akurat berkaitan dengan pagu anggaran yang telah ditetapkan, realisasi serta sisa anggaran yang berada pengelolaan KPKNL Mamuju. Dengan adanya informasi yang terbuka, diharapkan seluruh jajaran KPKNL Mamuju serta pihak yang berkepentingan dapat melaksanakan perencanaan serta melaksanaan kegiatan dengan baik dan mendapat jaminan PASTI dalam suatu kegiatan yang memerlukan anggaran. Jaminan PASTI yang dimaksud adalah jaminan ketersediaan anggaran atas suatu rencana kegiatan yang telah disusun atau ditetapkan sebelumnya. Sehingga dengan adanya jaminan tersebut dapat meminimalisir kesenjangan antara suatu perencanaan dengan hasil yang diharapkan dalam suatu kegiatan.

Sebagai alat monitoring dalam perencanakan kegiatan berbasis anggaran dengan prinsip money follow program, inovasi SISIRPAPA dapat menjadi salah satu tools pada KPKNL Mamuju dalam pengambilan keputusan, sehingga berdampak pada output layanan kepada stakeholder, yang pada gilirannya stakeholder juga mendapatkan suatu layanan yang PASTI. Layanan Pasti merupakan janji layanan KPKNL Mamuju kepada stakeholder yaitu berupa kepastian atas waktu layanan, kepastian prosedur, kepastian atas biaya layanan, dan kepastian hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Aplikasi SISIRPAPA menyajikan pagu anggaran sampai dengan detil anggaran, data revisi terakhir pagu anggaran sampai dengan detil anggaran, data realisasi anggaran pada tahap output, komponen, setiap mata anggaran serta pembagian ke setiap anggaran seksi, dan menyajikan daftar pembayaran biaya perjalanan dinas yang diterima oleh masing-masing pelaksana tugas, data capaian output untuk masing-masing rincian kegiatan serta data penerimaan PNBP untuk level satuan kerja.

Ditulis oleh: Hasnur Sahati/Bendahara Pengeluaran KPKNL Mamuju


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini