Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Artikel DJKN

Bangga Menjadi Alumni DJKN

Rabu, 24 November 2021 pukul 09:35:09   |   136 kali

Ucapan “Bangga menjadi alumni DJKN!” bukanlah kalimat basa-basi dari pensiunan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) ataupun hanya sekadar menyetujui kalimat yang diucapkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban pada Town Hall Meeting Hari Ulang Tahun ((HUT) ke-15 DJKN. Namun, bangga menjadi alumni DJKN memang berasal dari dalam hati yang tulus dan memiliki alasan untuk itu. Bagaimana tidak, DJKN merupakan sebuah instansi yang tak melupakan begitu saja para alumninya. Sudah berapa tahun ini para pensiun dimanapun berada selalu dikunjungi dengan tali kasih untuk mempererat saliturahmi. Bahkan, pegawai yang akan pensiun dalam waktu kurun satu tahun masa kerja terakhir/Masa Persiapan Pensiun (MPP) pun ikut mendapat perhatian.

Alumni DJKN merupakan orang yang pernah bekerja di DJKN atau pada umumnya mereka merupakan pegawai yang telah memasuki masa purnabakti/pensiun. Orang yang telah memasuki masa purnabakti sejatinya telah terbebas dari tugas-tugasnya, bahkan telah keluar dari lingkaran organisasi, lepas dan membaurkan diri dengan masyarakat tanpa terikat dengan peraturan dan pergaulan dengan teman atau kerabat kerja. Dan seiring waktu berlalu, teman sejawat yang dulu menjadi sahabat yang bertemu setiap hari saling bersinergi melakukan tugas-tugas dan bersenda gurau kini disibukkan dengan tugas-tugasnya dan perlahan-lahan tak lagi merindukannya. Pensiunan menjadi bagian dari masyarakat umum yang tidak ada lagi keterikatan dan kantor yang dulu pernah menjadi tempatnya mengabdi selama bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai 38 tahun lamanya.

Tetapi tidak dengan DJKN. Meskipun DJKN telah menjadi instansi yang berkembang bahkan bertransformasi menjadi organisasi besar, unggul, dan membanggakan dengan tugas dan fungsi yang mulia, yakni mengelola kekayaan negara, melaksanakan lelang, dan mengurus piutang negara. DJKN tak pernah melupakan jasa dan keterikatan kekeluargaan dengan semua pegawainya, bahkan yang telah pensiun sekalipun, baik yang dulu pernah memberikan kontribusi nyata dalam proses perubahan DJKN maupun pegawai pelaksana biasa, semua tetap mendapat perhatian di hari ulang tahunnya. Bagaimana mungkin hal itu tak membanggakan bagi para alumninya?

Mengawali kegiatan pada ulang tahunnya yang ke-14 tahun 2020 yang lalu, DJKN dengan perantara pegawai yang terdekat dengan tempat tinggal para alumninya, berkunjung, bersilaturahmi dan memberikan cendera mata sebagai tanda tali kasih, yang merupakan wujud nyata bahwa pimpinan DJKN tak melupakan mantan pegawainya. Sudah dapat dipastikan bagaimana perasaan para alumni DJKN yang mendapat kunjungan tersebut. Perasaan haru karena tidak menyangka akan mendapat kunjungan dan mendapatkan tali kasih, serta perasaan bangga karena tidak semua instansi melakukan hal tersebut. Itulah salah satu yang menjadi faktor mengapa mantan pegawai DJKN bangga dengan instansi ini.

Pimpinan DJKN bahkan telah memperhatikan para pragawai yang akan segera memasuki masa pensiun. Hal itu dapat dilihat pada acara town hall meeting yang merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-15 DJKN. DJKN memberikan kebahagiaan kepada pegawai yang akan memasuki masa pensiunnya pada tahun 2022. Tiga orang yang terpilih pun dapat berdialog langsung dengan Dirjen KN secara virtual. Ketiga pegawai yang beruntung tersebut adalah Kepala Subbagian Umum KPKNL Ambon Joice Yerry Telehala, S. Sos., Pelelang Ahli Madya KPKNL Pekanbaru Amiruddin, S.E., M.M., dan Pelaksana pada KPKNL Bekasi Asnul. Secara senada, ketiganya mengatakan sangat terharu dan bahagia sekali diberi kesempatan untuk bergabung dalam room zoom meeting tersebut, bahkan juga diberi kesempatan untuk berdialog dengan orang nomor satu di DJKN ini. Ketiganya juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hadiah terindah dan suatu kesempatan yang takkan pernah mereka lupakan selamanya. Ketika diminta menceritakan pengalamannya menjadi pegawai DJKN, Asnul mengisahkan perjalanan panjangnya sejak tahun 1983 menjadi pegawai dengan berbagai liku-liku dan menjadi saksi dari perubahan organisasi ini. Asnul mengatakan sungguh suatu anugerah dapat menjadi bagian dari organisasi yang telah bertransormasi menjadi institusi yang hebat dan membanggakan, yang mendapat applaus dari seluruh peserta Zoom.

Selain telah tumbuh menjadi organisasi besar, DJKN juga menjadi organisasi yang memang luar biasa, dengan membudayakan kegiatan selalu menjalin silaturahmi dengan para alumninya telah memberikan nilai tambah yang positif bagi organisasi ini, yang mana langkah mulia ini bukan tak mungkin akan menjadi contoh bagi instansi lainnya.

Insan DJKN khususnya DJKN Muda jangan terlena pada posisi DJKN yang telah unggul dan saat ini berada di puncak kejayaannya, justru ini adalah menjadi tantangan untuk menjaga agar institusi ini untuk tetap berada dalam kejayaannya. Diperlukan kerja ikhlas, kerja tuntas, menjaga konsisten dan terus melakukan sinergi dan memiliki niat dan tujuan bersama untuk menjaga dan mempertahankan agar DJKN selalu jaya.

Selamat, DJKN! Semoga selalu menjadi institusi yang semakin jaya.

Penulis : Asnul KPKNL Bekasi

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |