Artikel DJKN

Fitur-Fitur Pintas Dalam Aplikasi Zoom

Senin, 29 Juni 2020 pukul 12:44:25   |   79 kali

Masa Pandemi ini memaksa kita untuk mencari jalur komunikasi lain untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari tetap produktif. Kegiatan belajar mengajar yang biasa di kelas kini tidak dapat dilakukan, pekerjaan yang bersifat terpusat di sebuah ruangan yang sudah diberi fasilitas penunjang pekerjaan seperti komputer, printer, dan alat tulis kerja sekarang tidak dapat berjalan seperti tahun sebelumnya.

Namun aplikasi Zoom Meeting yang cepat naik pamor pada masa pandemi ini menjadi alat kominikasi baru yang sudah tidak lagi asing dimata masyarakat, baik orang tua, pekerja, siswa dan masyarakat umum sudah mendengar dan menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya sebagai wadah rapat, dan ruang belajar mengajar, namun Zoom Meeting juga menjadi wadah untuk mengadakan acara promosi lauching produk baru, melakukan kegiatan olah raga bersama, bahkan menjadi cara menghadiri pernikahan.

Dengan penawaran gratis (untuk member dasar) dan dapat diterapkan pada berbagai platform, baik Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan lainnya, memudahkan siapa saja untuk mengunduh dan menggunakannya. Fitur zoom yang dapat mendeteksi suara dan menyoroti siapa yang sedang berbicara, membagikan layar pribadi kepada peserta lain, dan merekam sesi, menjadikan Zoom digemari.

Demikian juga halnya dengan aktivitas pembinaan dari Kantor Wilayah, seminar online yang kini dikenal dengan istilah Webinar, koordinasi ataupun rapat-rapat internal yang dialami sendiri oleh penulis di KPKNL Purwakarta. Dengan pertimbangan kesehatan dan keselamatan sebagai protokol di masa pandemi Covid-19 ini pertemuan secara virtual melalui media Zoom menjadi makin populer dan intens digunakan.

Dengan semakin seringnya penggunaan Zoom dalam kegiatan kantor penulis,berikut fitur-fitur pintas yang dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan Zoom dalam kegiatan sehari-hari :

  1. Ingin merekam video dengan cepat, tekan Alt+R (Cmd+Shift+R) untuk memulai rekam dan tekan Alt+P (Cmd+Shift+P) untuk berhenti sebentar/memulai kembali;
  2. Untuk membagikan layar, tekan Alt+S (Cmd+Shift+S) untuk memulai rekam dan tekan Alt+T (Cmd+Shift+T) untuk berhenti sebentar/memulai kembali;
  3. Untuk memudahkan audio di bisukan pribadi, cukup tekan Alt+A (Cmd+Shift+A);
  4. Untuk mematikan video pribadi, tekan Alt+V (Cmd+Shift+V);
  5. Untuk bisukan semua pengguna dalam sekali waktu, tekan Alt+M (Cmd+Shift+M);
  6. Saat sedang dalam kondisi bisu, dan ingin menyampaikan sesuatu dengan cepat, cukup tekan spasi pada keyboard selama menyampaikan pesannya;

Demikian beberapa fitur shortcut key aplikasi Zoom Meeting semoga bermanfaat, selamat beraktivitas dan bekerja, jangan lupa keselamatan dan kesehatan tetap diutamakan.

Penulis : Marinda Isella - KPKNL Purwakarta

1

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.