Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Sorong
Berita DJKN

Kenalkanlah Peran Penting DJKN dan Optimalkan Pengelolaan Aset

Selasa, 11 Oktober 2016   |   1026 kali

Sorong – Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sorong pada Kamis 6/10/2016.

Kunjungan kerja tersebut untuk melakukan serah terima ABMA/T  berupa tanah seluas + 1300 m2 di Dum Timur Kota Sorong yang telah dimantapkan status hukumnya menjadi Barang Milik Daerah (BMD).

Dalam Kunjungan Kerja tersebut Direktur Jenderal Kekayaan Negara juga memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Papua dan Maluku melalui video conference bagi pegawai yang berada di Ambon, Jayapura, dan Biak.

Sebelum memulai arahannya Dirjen Kekayaan Negara Sonny Loho menyapa para pegawai KPKNL Ambon, KPKNL Biak, KPKNL Jayapura, dan Kanwil Jayapura yang mengikuti arahan ini melalui video conference. Sonny Loho memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai meskipun terkendala infrastruktur, wilayah kerja yang luas, perbedaan budaya, dan sumber daya manusia (SDM) yang terbatas namun dapat mencapai NKO yang baik sekali.

Kedepannya seluruh pegawai diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerjanya seiring dengan berubahnya peran DJKN dari asset administrator menjadi asset manager dan bahkan saat ini diharapkan dapat menjadi revenue center.

Peran DJKN yang semakin besar di bidang fiskal dan perekonomian negara menuntut untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan setiap aset yang dimiliki, karena dengan pengelolaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Saat ini masih banyak terdapat aset-aset yang sebenarnya bila dimanfaatkan dengan optimal dapat menghasilkan PNBP baik itu dengan cara disewakan, dijadikan objek wisata, bahkan DJKN dapat mendirikan mal atau pusat perkantoran swasta menggunakan aset-aset tersebut.

Terkait sertifikasi BMN berupa tanah Sonny Loho berharap setiap permasalahan sertifikasi terus dikomunikasikan dengan pihak-pihak terkait, bila perlu sampai ke level menteri. Permasalahan surat-menyurat juga menjadi perhatian, Sonny Loho menghimbau kepada seluruh pegawai untuk membalas setiap surat yang masuk meskipun surat tersebut bukan merupakan fungsi DJKN namun baiknya dijawab sebagai bentuk usaha untuk lebih mendekatkan DJKN kepada stakeholder.

“Bu Sri (Menteri Keuangan-red) juga menyampaikan tantangannya kepada seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Papua dan Maluku untuk terus berinovasi agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui pentingnya DJKN, dan diharapkan seluruh pegawai senantiasa menjaga nilai-nilai kementerian keuangan terutama menjaga integritas” pungkas Sonny Loho”.

Sekretaris DJKN Dodi Iskandar berkesempatan menyampaikan terkait penghematan anggaran yang telah dilakukan DJKN sebagai salah satu bentuk partisipasi DJKN menjaga APBN yang sedang tidak baik. Untuk itu, Dodi mengharapkan agar seluruh satuan kerja DJKN mengevaluasi setiap kegiatan yang akan dilakukan dan menentukan mana yang menjadi priotitas.

Dodi juga menyampaikan ada tiga hal yang dapat menunjukkan fungsi nyata DJKN di tingkat nasional yaitu sertifikasi BMN berupa tanah, penilaian sumber daya alam (SDA), dan revaluasi aset BMN dan aset milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku Arik Haryono memaparkan Capaian Kinerja sampai dengan triwulan III 2016 dimana Nilai Kinerja Organisai (NKO) Kanwil DJKN Papua dan Maluku sudah baik sekali.

Meskipun banyak tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di wilayah kerja Kanwil DJKN Papua dan Maluku hal itu tidak menyurutkan para pegawai untuk memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder. Arik mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Kekayaan Negara dan Sekretaris DJKN atas kunjungan kerja ini. Pengarahan yang disampaikan akan meningkatkan semangat para pegawai di Kanwil DJKN Papua dan Maluku yang merupakan pegawai-pegawai potensial.

Di penghujung acara diadakan sesi tanya jawab. Antusiasme pegawai terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan. Pertanyaan yang mengemuka antara lain terkait co-location, pengurusan piutang negara, pembangunan rumah dinas, sertifikasi BMN berupa tanah, penambahan dan pengembangan SDM, pelaksanaan lelang, pengelolaan BMN, dan pola mutasi di DJKN. (seksi HI KPKNL Sorong)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Gedung Keuangan Negara Sorong - 98414
(0951) 324868
(0951)327509
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |