Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Harus Fokus dalam Pekerjaan dan Profesional

Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 08:28:30   |   218 kali

Makassar - Menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi pemerintah khususnya Kementerian Keuangan c.q Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) merupakan kebanggan tersendiri bagi setiap individu di dalamnya.  Kesempatan untuk berkarir tentu saja terbuka luas, yakni berkarir di jalur struktural atau fungsional. Mengikuti jejak Direktorat Lelang, kini Direktorat Penilaian membuka kesempatan bagi pegawai DJKN untuk berkarir pada Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah (JFPP). JFPP sendiri merupakan program nasional dari DJKN sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018.


Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat Anugrah Komara membuka acara Uji Kompetensi Inpassing Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah (JFPP) yang diikuti peserta dari Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara, Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah,Gorontalo dan Maluku serta Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku pada Selasa, (20/8) di Aula A’Bulo Sibatang Makasar.

“Ke depannya para Penilai diharapkan agar tetap fokus dalam pekerjaannya dan menjadi seseorang yang profesional, karena jabatan fungsional pertanggung jawabannya secara pribadi,” ucap Anugrah.


Uji kompetensi jabatan fungsional penilai pemerintah yang akan dilaksanakan ini merupakan suatu proses  untuk  mengukur pengetahuan, keterampilan,  dan sikap kerja para calon pejabat fungsional penilai pemerintah yang dilakukan oleh tim penguji dalam rangka memenuhi syarat pengangkatan melalui inpassing atau penyesuaian dengan melakukan pengukuran terhadap 3 jenis kompetensi dari para calon pejabat fungsional penilai pemerintah, yaitu: kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial-kultural. Saat ini JFPP sendiri sudah sampai pada batch II, dimana telah dilaksanakan uji kompetensi di tiga kota yaitu Medan, Surabaya dan Makassar.


Untuk wilayah Makassar di ikuti 16 peserta dengan jenjang jabatan sebagai Penilai Pertama dan enam peserta dengan jenjang jabatan sebagai Penilai Muda. Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat mengirimkan dua peserta untuk jenjang jabatan Penilai Pertama, atas nama Amrulla Adam dan Arifuddin, sedangkan untuk jenjang jabatan sebagai Penilai Muda di isi oleh Ganjar Nugraha.


Diharapkan para peserta uji kompetensi diberi kelancaran dalam melaksanakan uji kompetensi inpasssing JFPP, serta dapat memenuhi standar kompetensi, sehingga dapat diangkat menjadi Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah dengan selalu mengamalkan lima nilai-nilai Kementerian Keuangan. (teks/foto: Robi’ul/Hendro Tim Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |