Menjadi Lebih Baik dari Kemarin


Diunggah oleh : ALI RIDHO Tanggal : 15 Maret 2017 Update : 15 Maret 2017, jam 16:47
Menjadi Lebih Baik dari Kemarin

Denpasar- Jumat (03/03/2017) pukul 09.30-11.00, bertempat di Aula KPKNL Denpasar, Ryan Eka Prasetya seorang Duta Kekayaan Negara 2016 mengadakan sesi berbagi yang bertajuk “ Semangat Sinergi Untuk Transformasi”.

Dalam kesempatan tersebut Ryan yang telah mengikuti Workshop Duta Transformasi 2017 yang diadakan oleh Central Transformation Office (CTO) Sekretariat Jenderal menyampaikan bahwa Program RBTK (Reformasi Birokrasi  & Transformasi Kelembagaan) 2017 ini adalah lanjutan dari tahun sebelumnya, dengan tambahan konsep baru.

Di tahun 2016 terdapat 87 + 7 IS ( Inisiatif Strategis) yang menjadikan tujuan utama RBTK, dan di tahun 2017 menjadi 20 IS dengan strategic outcomes berupa "Terjaganya kesinambungan fiskal Melalui pendapatan negara yang optimal,  belanja negara yang efisien dan efektif, pengelolaan keuangan negara yang akuntabel untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas, dan sustainable”

Ryan menambahkan bahwa seorang Duta Transformasi bertugas  (1) Melakukan sosialisasi Program RBTK melalui kegiatan tatap muka seperti In House Training (IHT)  ataupun melalui non tatap muka  lewat Facebook, Twitter dan Blog; (2) Ikut berpartisipasi dalam berbagai program yang dilaksanakan oleh Project Management Office (PMA)  maupun CTO  baik itu roadshow, open forum internal maupun open forum eksternal; (3) Menampung dan menyalurkan umpan balik  kepada PMO maupun CTO, umpan balik diperoleh dari internal maupun eksternal serta perlunya penyempurnaan proses bisnis atau regulasi; (4) Menjadi role model / teladan dalam penerapan inisiatif Transformasi Kelembagaan dan menunjukkan pola pikir yang berfokus pada perbaikan pelayanan kepada pelanggan, serta menjadi panutan bagi pegawai di lingkungan kerja dengan menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan.

Sesi berbagi dilanjutkan dengan diskusi serta penuangan ide dan  gagasan-gagasan baru. Salah satu gagasan adalah melakukan morning call setiap hari senin antara Kepala Kantor dengan para Kepala Seksi yang akan membahas rencana, permasalahan  maupun solusi yang harus dilakukan dalam seminggu kedepan.

Menjadi lebih baik adalah yang diharapkan, namun hal tersebut dapat tercapai bila di dukung oleh seluruh pegawai. Berawal dari diri sendiri, dari hal-hal yang sederhana misalnya disiplin dengan waktu dan lakukanlah sekarang  juga.
“It is not about being the best, it is about being better than you were yesterday”  (teks/photo:maya)

Foto-foto terkait kilasperistiwa :

  • Media Sosial Kami :