Dialog Yang Efektif Dan Berkala Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi


Diunggah oleh : AGUS WIDAYAT Tanggal : 1 Maret 2017 Update : 1 Maret 2017, jam 09:19
Dialog Yang Efektif Dan Berkala Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi

Banjarmasin – Selasa, 31 Januari 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banjarmasin (KPKNL) mengadakan sosialisasi internal mengenai Dialog Kenerja Organisasi (DKO) dan Dialog Kinerja Indovidu (DKI) serta pelaksanaan DKO oleh Kepala KPKNL Banjarmasin selaku Pimpinan Organisasi.

Acara yang dihadiri oleh seluruh pegawai tersebut dilaksanakan di Aula KPKNL Banjarmasin Jalan Pramuka No.07 Banjarmasin.

DKO merupakan komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko, dan rencana aksi organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkala sesuai dengan periode yang telah ditetapkan.

Kepala KPKNL Banjarmasin Didith Andiana memulai DKO-nya kali ini dengan mengevaluasi capaian kinerja tahun 2015 dan tahun 2016 dan rencana aksi tahun 2017. Hasilnya beberapa rencana aksi tahun 2017 akan segera diimplementasikan.

Dari seksi teknis, Seksi Pelayanan Lelang akan menerapkan teknik “Kalender Lelang” untuk mempermudah stakeholders dalam hal penentuan jadwal lelang maupun penyelesaian layanan pascalelang, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara akan berupaya meningkatkan pengawasan terkait dokumen pengajuan permohonan pengelolaan BMN yang masuk agar dapat segera ditindaklanjuti sehingga mempercepat layanan dan Seksi Pelayanan Penilaian akan melakukan pengaturan waktu penilaian yang lebih baik dengan memperhatikan beban kerja masing-masing anggota tim penilai yang berada di luar seksi pelayanan penilaian.

Dari seksi pendukung (supporting unit), Seksi Hukum dan Informasi akan melakukan koordinasi dan sinergi yang lebih intensif dengan Seksi Pelayanan Lelang dan Bank BRI (mitra) agar tercipta pelayanan prima kepada pengguna jasa lelang dan Seksi Kepatuhan Internal akan melakukan pengawasan kepada masing-masing seksi dan sub bagian terkait pelaporan capaian kinerja bulanan.

Sebelumnya, pada acara yang berlangsung di aula KPKNL Banjarmasin tersebut Seksi Kepatuhan Internal melakukan sosialisasi terkait Dialog Kenerja Organisasi (DKO) dan Dialog Kinerja Indovidu (DKI).

Kepala Seksi Kepatuhan Internal Zainuddin berkesempatan memaparkan materi mengenai pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai yang dibawahnya.

Zainudin menjelaskan bahwa DKO dilakukan untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko dan rencana aksi organisasi agar terciptanya suasana kerja yang kondusif, nyaman dan terjadi interaksi yang positif antara atasan dengan bawahan.

Sementara itu materi terkait pelaksanaan DKI yang merupakan bentuk komunikasi antara pembimbing (coach) dengan bawahan (coachee) untuk mendiskusikan kinerja bawahan dibawakan oleh Nanda Mutiarani. Dijelaskannya terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pelakasanaannya yaitu periode pelaksanaan, metode pelaksanaan dan mekanisme pelaporan. (teks/foto: Deni Atif Hidayat)

Foto-foto terkait kilasperistiwa :

  • Media Sosial Kami :