Berpuasalah Maka Kalian Akan Sehat


Diunggah oleh : Tajudin Tanggal : 9 Agustus 2013 Update : 9 Agustus 2013, jam 10:09
Berpuasalah Maka Kalian Akan Sehat

Bali – Shummuu tashihuu. Berpuasalah maka kalian akan sehat. Dari sisi kesehatan fisik, berpuasa akan membakar lemak, mengikis kolesterol dan lemak darah dengan demikian hidup lebih sehat. Demikan potongan ayat dan penjelasan yang disampaikan oleh dosen Politeknik Kesehatan Denpasar Badrud Tamam saat memberikan tausiah dalam acara buka puasa bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara (Kanwil DJKN Balinusra) pada 23 Juli 2013 di aula Kanwil DJKN Balinusra yang dihadiri oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN Balinusra dan Kantor pelayanan Kekayaan negara dan lelang (KPKNL) Denpasar.

Di samping itu, terangnya, puasa juga berperan dalam peremajaan sel-sel dalam tubuh dan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh). Tapi hal tersebut dapat berfungsi maksimal apabila puasa Ramadhan dijalankan sesuai ajaran Rosulullah seperti menyegerakan berbuka dengan air putih, makan makanan yang mengandung kadar glukosa, dan karbohidrat yang pas. “Hal ini dicontohkan oleh Rosul dengan makan kurma, tidak  berlebihan dalam makan juga mengakhirkan sahur,” tuturnya.

Ia juga mengatakan yang paling penting adalah berniat puasa karena dari niat akan membentuk proses perintah dari otak kepada lambung untuk sedikit memproduksi asam lambung sehingga para pelaku puasa (shoimin) tidak merasakan lapar berlebihan, tidak seperti saat seseorang sedang tidak berpuasa di hari-hari biasa. Puasa Ramadhan seperti yang diajarkan Rosulullah SAW akan membawa ketenangan hati dan kondisi tubuh menjadi lebih sehat, asalkan pelaksanaannya sesuai dengan tuntunan ibadah. “Selain mampu membantu menahan emosi, puasa juga melatih kesabaran dan pembentukan character building seorang shoimin,” pungkasnya.

Di akhir tausiah, Kepala Kanwil DJKN Balinusra Etto Sunaryanto menanyakan apakah puasa tidak menyebabkan tekanan darah tinggi karena biasanya dalam keadaan lapar tensi akan meningkat. Ustadz Badrud Tamam menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada hubungan antara puasa dengan blood pressure, tetapi dengan menjalankan puasa kesabaran akan meningkat, kolesterol dan lemak dalam darah berkurang sehingga akan sangat membantu penyembuhan penderita tekanan darah tinggi. Acara ditutup dengan sholat maghrib berjamaah dan buka bersama. (Vina/Bayu Adi-Kanwil Balinusra)

Foto-foto terkait kilasperistiwa :

  • Media Sosial Kami :