Bakti Kepada Sesama dalam Momentum Satu Dasawarsa DJKN


Diunggah oleh : ALI RIDHO Tanggal : 31 Oktober 2016 Update : 31 Oktober 2016, jam 15:51
Bakti Kepada Sesama dalam Momentum Satu Dasawarsa DJKN

Jauh dijugjug, anggang diteang, taya deui maksad anging bade nyanggakeun salam silaturahim ti kulawadet Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ka kum na warga nu aya di dieu.” begitulah sekelumit kalimat pembuka saat Tim DJKN Peduli Bencana menyapa warga korban bencana banjir di kampung Cimacan, Kota Garut.  Sapaan dalam bahasa sunda tersebut membawa suasana yang hangat di sela dinginnya hari, saat tetes-tetes  gerimis dan  mendung terus menggelantung di langit Kota Garut.

Dalam suasana peringatan Satu Dasawarsa DJKN, Kantor Pusat DJKN dan Kanwil DJKN Jakarta melakukan penggalangan dana untuk membantu Saudara-saudara sebangsa di Garut yang pada bulan September lalu terkena musibah banjir bandang.

Pada Kamis tanggal 27 Oktober 2016 Tim dari Kantor Pusat didampingi KPKNL Tasikmalaya bertolak ke Garut, tepatnya Kampung Cimacan, Tarogong Kidul, Garut. Tim terlebih dahulu telah melakukan koordinasi dengan relawan setempat untuk melakukan pemetaan keadaan terkini masyarakat yg terkena bencana serta memilah kebutuhan yang diperlukan bagi warga, Tim juga berkeinginan agar perangkat desa setempat utamanya ketua Rt/Rw terlibat langsung, sehingga donasi yang dibawa dapat tepat sasaran dan efektif bagi keberlangsungan hidup warga korban bencana.

Tepat 13.00 WIB rombongan tiba di Kampung Cimacan, dibawah guyuran hujan gerimis yang turun sejak pagi, rombongan berkeliling untuk secara langsung melihat dampak banjir bandang aliran sungai Cimanuk. Setelah dirasa cukup, rombongan kemudian diajak ke mushola dimana warga yang terdampak banjir bandang telah berkumpul. Mushola yang tidak seberapa besar tersebut tampak tidak cukup menampung kumpulan warga yang berjumlah 100-an orang, yang seluruhnya adalah perempuan.

Dalam sambutan singkatnya Amrullah, mewakili aparat pemerintah desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pegawai DJKN yang telah bersusah payah jauh jauh ikut membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah . “Bantuan sangat bermanfaat bagi warga kami, dan cocok dengan kebutuhan saat ini, terlebih lagi bantuan langsung diberikan ke warga, jadi pas dan jelas baik waktu maupun penerimanya” pungkas Amrullah. “ Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih terutama kepada Bpk/Ibu pegawai negeri di DJKN serta kerjasama tim relawan dan rombongan sehingga bantuan dapat kami terima dengan baik”.

Selanjutnya, mewakili tim dari Kantor Pusat dan Kanwil DJKN Jakarta, Iman Abdurrahman menyampaikan bahwa musibah adalah kehendak Alloh yang bisa dihindari dan tidak tahu kapan bencana terjadi. Cobaan yang diberikan Alloh itu terukur dan yakin pasti mampu ditanggung asal sabar dan tawakal. “Mohon maaf kami baru sekarang dapat datang dan bersilaturahim. Kami turut merasakan ujian ini, bahkan keluarga kami ada yang terkena musibah ini dan belum diketemukan” ungkap Iman dengan nada terbata bata dan isakan tangis.

Sejenak warga yang hadir ikut menitiskan air mata. “Kami serombongan diberikan amanah oleh rekan rekan dari jakarta supaya menyampaikan langsung kepada Bapak ibu sekalian, amanah makanan, barang dan uang ini harus sampai dan bermanfaat bagi warga disini. Sebagai bukti pertanggungjawaban kami mohon maaf harus memasang spanduk dan bahkan foto serta pakai kaos seragam. Ini bukan apa-apa, bukan sombong dan riya tapi semata-mata sebagai bukti dan oleh-oleh buat rekan-rekan kami yang tidak dapat ikut ke sini. Sekali lagi kiranya mohon dimaafkan” pungkas Iman.

Di akhir acara dilakukan serah terima donasi secara simbolik antara Suwadi dengan aparatur desa setempat dilanjutkan penyerahan kepada warga.

Penyerahan bantuan yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut diharapkan membawa manfaat bagi warga korban bencana dan menambah amal kbaikan untuk kita semua

Foto-foto terkait kilasperistiwa :

  • Media Sosial Kami :