Antusiasme KPKNL Bukittinggi Dalam Capacity Building 2017


Diunggah oleh : AGUS WIDAYAT Tanggal : 21 Februari 2017 Update : 21 Februari 2017, jam 12:11
Antusiasme KPKNL Bukittinggi Dalam Capacity Building 2017

Bukittinggi – Sabtu, 18 Februari 2017, seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi mengikuti kegiatan Capacity Building yang diadakan di ruang auditorium Mifan Padang Panjang. Kegiatan yang diadakan di dalam dan di luar ruangan ini merupakan reward dari Kementerian Keuangan kepada KPKNL Bukittinggi yang telah menjadi juara satu Kantor Pelayanan Percontohan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) tahun 2016.

“Tidak semua kantor punya kesempatan yang sama (untuk mengikuti capacity building). Ini diperoleh bukan tiba-tiba tapi karena perjuangan keras, merupakan reward karena memenangkan juara KPPc. Ini bukan akhir tapi awal untuk lebih baik lagi,” kataKepala KPKNL Bukittinggi Syukriah saat membuka acara. “Semoga kegiatan ini bisa diikuti dengan semangat dan antusias sampai akhir. Kita perlu merasakan bahwa kita satu keluarga,” ujarnya.

Kegiatan di dalam ruangan dikemas dalam bentuk seminar motivasi yang dibawakan oleh Ketua ICMI Muda Riau Mas'ud Tajudin yang merupakan motivator dari Trustco. Mengawali motivasinya Mas’ud menyadarkan peserta tentang pentingnya bersyukur.

Dia memberikan gambaran tentang oksigen. Di apotek, satu tabung oksigen portable dijual seharga Rp21.500. Satu tabung ini untuk pemakaian 2,5 menit. Jika seseorang non-stop membutuhkan oksigen maka “dalam setahun kita harus mengeluarkan uang Rp4.484.240.000,” kata Mas’ud.

“Hidup perlu disyukuri,” kata Mas’ud. “Bukan pekerjaan kita yang 24 jam yang dinilai Allah tapi keikhlasan dalam mengerjakan tersebut yang dinilai.” Mas’ud menyebut ini sebagai semangat spiritualitas. Apapun posisi kita, menurut Mas’ud, spiritualitas membuat kita kokoh di dalam pekerjaan.

Masih menurut Ma’ud, dua kenikmatan yang paling sering dilupakan adalah nikmat sehat dan waktu luang. “Jika kita mau berubah, berubahlah hari ini, karena masa lalu sudah terjadi dan masa depan masih misteri,” kata Mas’ud.

Selain di adakan di dalam ruangan, kegiatan ini juga diadakan di luar ruangan. Kegiatan di luar ruangan dikemas dalam bentuk permainan. Berbagai permainan dimaksudkan sebagai sarana pembelajaran untuk membangun kekompakan, kekeluargaan, dan kerja sama tim.

Semua peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan antusias. Itulah ciri khas KPKNL Bukittinggi, sesuai motto-nya GADANG: Gigih, Antusias, Dedikasi, Amanah, dan Good Government.

(Teks: Hakim SB Mulyono, Foto: M Ilham Aldavi, Aji S Somawan, Tim Publikasi)

  • Media Sosial Kami :