PELAYANAN LELANG

Uji Coba Verifikasi UJPL Mitra PT BRI Persero, Sukses Dilaksanakan


Diunggah oleh : Luhur Nugroho Joko Hartono Tanggal : 22 November 2016 Update : 22 November 2016, pukul 16:24 Dibaca : 783 kali
Uji Coba Verifikasi UJPL Mitra PT BRI Persero, Sukses Dilaksanakan

Cirebon – (17/11) e -Auction DJKN merupakan program ungulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang mulai dikembangkan pada tahun 2013 sebagai salah satu metode penawaran tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet. Pada tahap awal pengembangan aplikasi ini, peranan Bendahara penerimaan KPKNL sangat vital dalam rangka pengelolaan dan verifikasi uang jaminan lelang. Setiap uang jaminan lelang yang disetorkan para calon peserta lelang, secara manual diverifikasi oleh Bendahara untuk mendapat pengesahan sehingga seorang peserta dapat mengikuti lelang.

Pengelolaan uang jaminan penawaran lelang (UJPL) dalam pelaksanaan lelang e-Auction memanfaatkan layanan virtual account dari mitra strategis kalangan perbankan. PT Bank Rakyat Indonesia sebagai salah satu mitra KPKNL dalam pelaksanaan lelang telah berkomitmen dalam pengembangan aplikasi e-Auction sehingga peran bendahara penerimaan KPKNL dalam verifikasi UJPL dapat digantikan oleh sistem. Bendahara tidak diperlukan lagi melakukan verifikasi UJPL secara manual. Setiap ada uang jaminan yang masuk ke rekening penampungan lelang melalui virtual account, sistem akan secara otomatis memverifikasi uang jaminan tersebut apakah sudah sesuai dengan pengumuman dan sejalan dengan ketentuan lelang.

Direktorat Lelang bersama-sama dengan Direktorat PKNSI dan PT Bank BRI Persero telah berhasil melaksanakan Uji Coba Verifikasi Otomatis Penyetoran Uang Jaminan Penawaran Lelang Melalui BRI Virtual Account, kegiatan ini dipusatkan di KPKNL Cirebon pada 17 Nopember 2016 dengan mekanisme :

a. Uji coba dilaksanakan untuk dua objek lelang (satu dengan penawaran close bidding, satu dengan penawaran open bidding) yang sudah ditetapkan pelaksanaannya oleh KPKNL Cirebon.

b. Penyetoran UJPL akan dilakukan dari seluruh channel (via teller, ATM, mobile banking, dan internet banking baik dari sesama jaringan PT. Bank BRI Persero maupun dari channel bank lain).

c. Penyetoran UJPL tersebut dilakukan dalam beberapa waktu untuk menguji mekanisme pertukaran data dari server PT. Bank BRI Persero dapat dilakukan secara realtime.

Verifikasi secara otomatis uang jaminan penawaran lelang ini membawa dampak yang sangat signifikan dalam pelaksanaan lelang e-Auction pada KPKNL yang bermitra dengan PT Bank BRI Persero, menyusul kerjasama yang telah dilakukan dengan PT Bank BNI Persero dan PT Bank Mandiri Persero yang telah terlebih dahulu berhasil mengimplementasikan fitur ini pada pelaksanaan lelang e-Auction, dampak dimaksud diantaranya : Verifikasi UJPL dan notifikasi status UJPL kepada Peserta Lelang menjadi lebih cepat dan realtime, peserta lelang menyetorkan dan menerima pengembalian uang jaminan melalui pemindahbukuan tanpa perlu datang ke KPKNL.

Potensi tejadinya human error pada verifikasi UJPL dapat dihilangkan, Bendahara Penerimaan KPKNL bertugas pada saat pengembalian UJPL. Pengembalian UJPL untuk peserta yang tidak ditetapkan sebagai pemenang lelang dapat menggunakan aplikasi cash management perbankan. Pengelolaan cadangan virtual account juga sudah dapat ditangani oleh sistem, sehingga KPKNL maupun Pejabat Lelang tidak perlu lagi kawatir akan kehabisan cadangan virtual account pada pelaksanaan lelangnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Lelang, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Perwakilan PT Bank BRI Persero, dan Kepala Kantor KPKNL Cirebon serta perwakilan dari seluruh KPKNL diwilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat. Nuning SR Wulandari Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, dalam sambutannya menyambut dengan baik kegiatan ini, dan mengapresiasi atas layanan PT BRI Persero dalam pelaksanaan lelang di KPKNL. Selanjutnya, Sumarman, Wakil Pimpinan Wilayah PT Bank BRI Persero Bandung, berterima kasih atas kepercayaan DJKN untuk bermitra dengan PT BRI Persero dalam pelaksanaan lelang.

Selanjutnya, Direktur Lelang, Lukman Effendi, menyampaikan bahwa ini bukan merupakan akhir kerjasama diantara kedua belah pihak, ini merupakan awal dari kerjasama kedepan dalam pengelolaan UJPL. Lukman menyampaikan bahwa seluruh pelaksanaan lelang pada tahun 2017 baik lelang konvensional maupun lelang e-Auction akan memanfaatkan layanan virtual account dari perbankan sebagai media pengelolaan UJPL. Hal ini merupakan tugas dari Direktorat Lelang dan PKNSI dalam pengembangan aplikasi untuk dapat memenuhi program kerja dimaksud.

Dengan berhasilnya pelaksanaan uji coba verifikasi otomatis penyetoran uang jaminan penawaran lelang melalui BRI virtual account ini, langkah selanjutnya adalah implementasi fitur ini kedalam server e-Auction sehingga fitur ini dapat segera dirasakan manfaatnya oelh seluruh KPKNL yang bermitra dengan PT Bank BRI Persero. (BLIIB)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :