SOSIALISASI PENGURUSAN PIUTANG NEGARA KPKNL PURWAKARTA

Tingkatkan PNBP melalui Pengurusan Piutang Negara


Diunggah oleh : Lucky Agusta Tanggal : 18 Desember 2015 Update : 22 Desember 2015, pukul 12:18 Dibaca : 740 kali
Tingkatkan PNBP melalui Pengurusan Piutang Negara

Purwakarta – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta menyelenggarakan Sosialisasi Pengurusan Piutang Negara yang diselenggarakan pada Kamis, 10 Desember 2015.   “Sesuai dengan Tema Acara pada pagi hari ini, Pengurusan Piutang Negara yang diamanahkan kepada Kami diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam meningkatkan Penerimaan Negara dari pos atau jalur Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),” tutur Kepala KPKNL Purwakarta Adriana Viveryanti dalam  sambutannya. Acara sosialisasi ini mengambil tema Pengurusan Piutang Negara dalam rangka Optimalisasi Penerimaan Negara. “PNBP merupakan hak negara yaitu sebesar 10% dari nilai pengurusan piutang negara yang diserahkan kepada kami dari Instansi Bapak/Ibu sekalian,” tambahnya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh instansi-instansi pemangku kepentingan di wilayah kerja KPKNL Purwakarta , diantaranya penyerah piutang. Dalam kesempatan tersebut,  UP. Sudarsono Kepala Seksi Pelayanan Pengurusan Piutang Negara pada KPKNL Purwakarta menyampaikan materi mengenai pengurusan piutang negara. “Sebagai awalan mengenai penjelasan tentang Pengurusan Piutang Negara,  izinkan saya mengutip sepenggal ayat dari Al-Quran khusus mengenai utang-piutang, yaitu Surat Al-Baqoroh ayat 282 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu melakukan utang-piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya, dan hendaklah seorang penulis diantara kamu menuliskannya dengan benar, janganlah penulis menolak untuk menuliskannya sebagaimana Alloh telah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah orang-orang yang berutang itu mendiktekan, dan hendaklah dia bertaqwa kepada Alloh/Tuhannya, dan janganlah dia menguranginya,” tutur  UP. Sudarsono.

Sebelum acara ditutup, Kepala Seksi Hukum dan Informasi Agus Salim, salah satu pemateri dalam acara tersebut, menyampaikan materi mengenai data kepengurusan piutang negara yang selama ini telah dilakukan oleh KPKNL Purwakarta. Data pengurusan piutang negara ditampilkan dan beberapa data merupakan hasil pengurusan piutang negara yang diserahkan oleh instansi peserta acara Sosialisasi tersebut dan dilanjutkan dengan membahas dan melakukan rekonsiliasi data pengurusan piutang negara oleh peserta. (Penulis: Lucky Agusta, Foto: Yandi, Penyunting: Kasi HI KPKNL Purwakarta)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :