PERESMIAN E-AUCTION CORNER LINGKUP KANWIL DJKN JAWA TIMUR

Tingkatkan Layanan dan Bangun Reputasi e-Auction


Diunggah oleh : Agus Widayat Tanggal : 17 Desember 2016 Update : 20 Desember 2016, pukul 14:58 Dibaca : 1.166 kali
Tingkatkan Layanan dan Bangun Reputasi e-Auction

Sidoarjo - Dalam rangka meningkatkan layanan dan membangun reputasi e-Auction di mata masyarakat, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur (Kanwil DJKN Jatim) menginisiasi penyediaan sarana penunjang berupa e-Auction Corner di tiap Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) pada wilayah kerjanya.

e-Auction Corner didesain khusus untuk pelaksanaan lelang dengan penawaran tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui aplikasi e-Auction. Selama ini di KPKNL lingkup Kanwil DJKN Jatim, belum ada tempat yang secara khusus digunakan untuk pelaksanaan e-Auction sehingga kadang kala menimbulkan kesan kurang baik terhadap suatu pelaksanaan lelang.

Selain untuk pelaksanaan e-Auction, venue anyar yang dibangun di tengah keterbatasan anggaran tersebut, disediakan bagi pengguna jasa lelang atau masyarakat luas yang ingin mendapatkan informasi mendalam terkait e-Auction. Piranti yang disediakan pun mendukung mekanisme e-Auction dipelajari dan dipraktikan langsung oleh stakeholders.

Menandai efektif digunakannya e-Auction Corner KPKNL Surabaya, KPKNL Sidoarjo, KPKNL Malang, KPKNL Jember, KPKNL Madiun dan KPKNL Pamekasan, Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi berkesempatan meresmikan keenam e-Auction Corner tersebut secara serentak pada Jumat, 16 Desember 2016, di KPKNL Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Lukman Effendi mengapresiasi jajaran Kanwil DJKN Jatim yang mampu menyediakan fasilitas tambahan berupa e-Auction Corner. Kehadiran tempat tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap layanan e-Auction sehingga permohonan dan kualitas lelang melalui e-Auction makin meningkat.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa tanggung jawab atas kualitas layanan lelang bukan hanya di tangan DJKN tetapi juga seluruh pihak yang berkepentingan dengan lelang. Untuk itu Lukman minta agar DJKN dan stakeholders membangun sinergi yang baik. "Kebahagiaan kami adalah jika pelaksanaan lelang berhasil dan mampu menyelesaikan berbagai persoalan", ungkap Lukman. "Misal, penurunan NPL (Non Performing Loan-red) di Perbankan yang dihasilkan dari penyelesaian kredit macet melalui lelang", imbuhnya.

Terakhir pria yang pernah menjabat Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara tersebut mengatakan bahwa meskipun bukan e-Auction Corner yang pertama di Indonesia namun diharapkan kegiatan ini menjadi momentum bagi Kanwil/KPKNL lain yang belum menyediakan fasilitas tersebut untuk segera mewujudkannya sehingga kualitas layanan e-Auction di masing-masing daerah juga meningkat.

Sebelumnya Agung Budi Setijadji, Pelaksana Tugas Kepala Kanwil DJKN Jatim dan Asep Suryadi, Kepala KPKNL Sidoarjo selaku tuan rumah memberikan sambutannya secara bergiliran. Agung menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan Kanwil DJKN Jatim terhadap lelang e-Auction sekaligus sebagai langkah persiapan menghadapi kebijakan semua lelang wajib menggunakan e-Auction pada tahun 2018. Agung menambahkan bahwa inovasi terus-menerus yang diusung DJKN adalah semata-mata untuk meningkatkan pelayanan dan menunjukkan profesionalisme DJKN dalam memberikan layanan lelang.

Sementara itu Asep Suryadi melaporkan kesiapan pelaksanaan peresmian e-Auction Corner dan menyampaikan bahwa penyediaan infrastruktur di sudut ruang pelayanan terpadu KPKNL tersebut bertujuan agar pelaksanaan lelang e-Auction berlangsung elegan dan terpercaya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Bank Mandiri RCR Surabaya dan Bank Panin sebagai pengguna jasa yang paling sering menggunakan e-Auction menyampaikan testimoni. Menurut mereka DJKN berhasil menciptakan sistem lelang berbasis teknologi informasi yang handal, mudah digunakan, aman karena tidak ada interaksi langsung diantara peserta lelang dan mampu menghasilkan kenaikan harga lelang yang signifikan. Harapan senada juga mereka sampaikan yaitu agar DJKN dan pengguna jasa lelang bersinergi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga e-Auction makin dimengerti dan dipahami masyarakat luas.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 80 tamu undangan dari kalangan Perbankan, Satuan Kerja, Pemerintah Daerah dan Balai Lelang tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan kunjungan ke e-Auction Corner KPKNL Sidoarjo sekaligus menyaksikan lelang yang kebetulan sedang berlangsung di hari itu. (@wD/mazhar)

  • Media Sosial Kami :