REKONSILIASI BPYDS TAHUN 2015

Tingkatkan Akuntabilitas Laporan Keuangan Investasi Pemerintah


Diunggah oleh : Melliana Andriani Susanto Tanggal : 5 Februari 2016 Update : 5 Februari 2016, pukul 16:31 Dibaca : 1.142 kali
Tingkatkan Akuntabilitas Laporan Keuangan Investasi Pemerintah

Jakarta – Tenaga Pengkaji  Restrukturisasi Privatisasi Effektivitas Kekayaan Negara  Rahayu Puspasari, mewakili Direktur  Kekayaan Negara Dipisahkan, membuka acara Rekonsiliasi Bantuan Pemerintah Yang Belum Ditetapkan Statusnya (BPYBDS)  Tahun 2015 antara kementerian/lembaga (K/L) dengan BUMN yang dilaksanakan pada 3-4 Februari 2016 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Jakarta. Dalam sambutannya, Puspa menyampaikan latar belakang dilaksanakannya rekonsiliasi ini. Salah satunya adalah upaya untuk menyamakan nilai BPYBDS senilai Rp58 Triliun antara K/L pemilik BPYBDS dengan BUMN penerima BPYBDS. Dengan adanya rekonsiliasi ini, menurut Puspa, bisa mencegah terulangnya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Laporan Keuangan Investasi Pemerintah yang menjadi tanggung jawab DJKN sebagai Unit Akuntansi Pembantu Bendahara Umum Negara.

Fungsi lain rekonsiliasi adalah sebagai bahan laporan nilai BPYBDS dalam Laporan Keuangan Investasi Pemerintah/BA 999.03, Laporan Keuangan BUMN per 31 Desember 2015, dan Catatan Atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga per 31 Desember 2015, serta mempercepat penyelesaian BPYBDS untuk menjadi penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN). Selama kurun waktu lima tahun, sejak tahun 2011, total BPYBDS yang ditetapkan menjadi PMN senilai Rp20 triliun. BUMN yang menerima PMN, antara lain PT Angkasa Pura, PT Pelabuhan Indonesia, Pertamina, PT Pos,  PT Geo Dipa Energi, dan PT ASDP.

Kegiatan rekonsiliasi yang dilaksanakan selama dua hari ini juga diisi penjelasan teknis rekonsiliasi oleh Kepala Subdirektorat Kekayaan Negara Dipisahkan II Dodok Dwi Handoko dan narasumber dari BPK yang menyampaikan pencegahan temuan BPK atas BPYBDS. (Teks/Foto : Yudi NJ/Mell)

Foto-foto terkait berita :

  • Media Sosial Kami :