PENCEGAHAN GRATIFIKASI

KPKNL Medan Sosialisasikan Aturan Pengendalian Gratifikasi


Diunggah oleh : Hasto Satrio Prafitriaji Tanggal : 8 Maret 2016 Update : 22 Maret 2016, pukul 06:26 Dibaca : 690 kali
KPKNL Medan Sosialisasikan Aturan Pengendalian Gratifikasi

Medan - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan mengadakan sosialisasi PMK Nomor 83/PMK.01/2015 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan dan Kepdirjen Kekayaan Negara Nomor 111/KN/2016 tentang Rencana Pemantauan Tahunan Pengendalian Intern Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tahun 2016 pada 2 Maret 2016.

Mencuplik PMK Nomor 83/PMK.01/2015 Kepala Seksi KI Meilanny Simamora menyampaikan bahwa gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas yakni uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, dan fasilitas lain yang diterima baik secara elektronik atau tanpa elektronik.

“Gratifikasi ada yang wajib dilaporkan dan tidak wajib dilaporkan. Laporan gratifikasi disampaikan kepada Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) sebagai unit pelayanan dan informasi pengendalian gratifikasi dilaksanakan oleh Seksi Kepatuhan Internal pada kantor operasional.” Ungkap Meilanny.

Tujuan sosialisasi ini adalah sebagai pengendalian internal dari seksi Kepatuhan Internal agar produk kerja dari masing-masing seksi tertib secara administrasi sehingga aman dari sisi hukum, juga mengamankan bagi pegawai yang melaksanakan tugas.


Para pegawai KPKNL Medan sebagai “prajurit” terdepan yang mengemban amanah tentu rawan Risiko gratifikasi. Demikian ungkap Meilanny. “Pemberian seperti makanan (oleh-oleh-red) pun harus bisa ditolak dengan cara yang halus,” ucapnya.

Sebelumnya Kepala KPKNL Medan Marlais Simanjuntak dalam sambutannya berpesan kepada para pegawai agar berhati-hati terhadap uang yang tidak resmi karena hal tersebut bisa termasuk gratifikasi.

“Kegiatan seperti ini perlu rutin dilakukan baik itu dalam bentuk sosialisasi, morning call, atau pun sharing knowledge.” Ungkap Marlais. Ia berpendapat bahwa selain sebagai sarana sosialisasi peraturan, ajang ini juga bisa menjaring ide, mengetahui kendala yang dihadapi pegawai, dan yang pasti bisa membangun komunikasi agar tercipta kerja sama yang harmonis dan berefek postif pada kinerja setiap pegawai KPKNL Medan. (Tim liputan Seksi HI KPKNL Medan)

Foto-foto terkait berita :

0 Tanggapan Pembaca

Ketentuan Penulisan :

Pembaca diizinkan untuk menulis tanggapan terhadap berita ini. Isi tanggapan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tanggapan.
Redaksi akan menimbang (memoderasi) setiap tanggapan yang masuk dan dapat memutuskan untuk menayangkan atau menghapus tanggapan tersebut.
Redaksi berwenang untuk memberi peringatan dan atau mencekal pembaca yang menuliskan tanggapan yang tidak etis, berisi fitnah dan menyinggung SARA.

  • Media Sosial Kami :